Senin, 23 Mei 2022

Tabung Gas Bocor Picu Kebakaran Ruko di Cilacap, Begini Kronologinya

UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) sedang mengevakuasi tempat kebakaran (dok istimewa)

Peristiwa kebakaran di Cilacap kembali terjadi. Kali ini, sebuh rumah toko (ruko) milik Tomio Kim, di Jalan Ahmad Yani Cilacap dilalap si jago merah, Kamis (13/05) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. Kebakaran terjadi saat keadaan toko kosong, karena ditinggal pemiliknya. Api diduga berasal dari kebocoran tabung gas.


Cilacap, serayunews.com

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Cilacap Supriyadi menyampaikan, peristiwa kebakaran pertama diketahui tetangga korban bernama Linda (42) dan warga sekitar melihat kepulan asap keluar dari jendela bagian atas.

Baca juga  Jalur Selatan Jawa di Ruas Majenang Cilacap, Mulai Dipadati Arus Balik Pemudik

“Karena penasaran saksi Linda mengcroscek tempat tersebut karena bangunan sedang kosong ditinggal oleh pemiliknya. Melihat adanya sumber api, saksi Linda meminta bantuan kepada warga sekitar,” ujar Supriyadi, Kamis (13/05).

Supri menambahkan, bangunan dalam keadaan terkunci, sehingga warga sekitar tidak bisa membuka pintu bangunan. Kemudian Salah seorang warga melaporkan kejadian kebakaran ke Pos Damkar Cilacap melalui pangilan telepon Damkar 113.

“Pukul 02.45 wib, Pos Damkar Cilacap tiba di lokasi langsung melakukan proses pemadaman. Karena asap dari jendela atas, Damkar Cilacap melakukan pemadaman dari atas melalui jendela yang di jebol,” ujarnya.

Baca juga  Persiapan Musim Kemarau, Begini Cara BPBD Cilacap Antisipasi Kekeringan
Penyebab kebakaran diperkirakan akibat bocornya tabung gas (dok istimewa)

Menurut Supri, setelah petugas melakukan pemadaman dari atas, ternyata sumber api berasal dari bawah dan tidak bisa dijangkau  kerena tertutup oleh tangga. Kemudian Damkar Cilacap melakukan pembobolan/pemotongan pintu tralis depan untuk mempermudah pemadaman ke sumber api.

“Setelah pintu dapat dibuka, Damkar Cilacap melakukan pemadaman langsung ke sumber api. Tidak terduga, sumber api berasal dari beberapa tabung gas yang berjejer di bawah tangga. Setelah api dapat dipadamkan, Damkar Cilacap melakukan pendinginan dan mengevakuasi tabung gas keluar bangunan,” ujarnya.

Baca juga  Pertamina Cilacap, Salurkan Bantuan Paket Sekolah untuk Siswa SD di Kaki Gunung Semeru

Ia menambahkan, setelah mengevakuasi tabung gas keluar bangunan, Damkar Cilacap melakukan pendataan. Pukul 03.40 wib, Damkar Cilacap kembali ke markas dengan melakukan pengisian air di Hydrant terdekat.

“Akibat kebakaran tersebut, api menghanguskan sebagian bangunan dan peralatan rumah tangga, kerugian ditaksir capai Rp 10 juta,” ujar Supri.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini