Senin, 4 Juli 2022

Talud Tergerus, Rumah Warga Sinduaji Banjarnegara Berpotensi Tertimbun Longsor

Talud Tergerus, Rumah Warga Sinduaji Banjarnegara Berpotensi Tertimbun Longsor

Hujan deras yang terjadi dalam sepekan ini menyebabkan Sungai Royom yang ada di Desa Sinduaji Kecamatan Padanarum, tepatnya di perbatasan Banjarnegara – Purbalingga meluap. Tak hanya itu, luapan sungai juga menggerus talud pengaman permukiman warga.


Banjarnegara, Serayunews.com

Talud pengaman permukiman warga ini, terus tergerus aliran sungai yang ada di Desa Sinduaji RT 2 RW 4. Tidak hanya itu, longsornya talud penahan ini juga mengancam rumah milik Indah yang berada tepat di sisi sungai.

Baca juga  Kasad Dudung, Resmikan Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman Cilacap

Selain membuat tebing setinggi 6 meter dengan lebar 10 meter longsor, derasnya air juga mengancam fondasi jembatan perbatasan Banjarnegara – Purbalingga. Untuk itu, warga meminta pemerintah segera melakukan perbaikan agar tidak sampai merusak permukiman warga.

Camat Pandanarum, Sapto Aji mengatakan, dari hasil asesmen di lokasi, longsornya tebing ini memang mengancam permukiman warga, untuk itu pihaknya segera melakukan koordinasi dengan pemerintah untuk dilakukan penanganan, termasuk upaya pembuatan talud atau beronjong pengaman tebing.

“Sinduaji memang termasuk daerah rawan, untuk itu kami mengimbau pada masyarakat untuk tetap waspada, apalagi cuaca saat ini sangat sulit diprediksi, hujan dengan intensitas tinggi juga masih terjadi di wilayah Banjarnegara,” katanya.

Baca juga  Unik, 4 Hari Cincin Nyangkut di Alat Vital, Warga Wanareja Panggil Damkar

Menurutnya, dari kejadian ini sejumlah warga sudah menyampaikan aspirasinya, termasuk dengan keinginan membangun talud atau beronjong pengaman tebing agar longsor tidak sampai ke permukiman warga.

Berita Terkait

Berita Terkini