Tari Rumeksa Tampil di Upacara Hari Jadi Banyumas ke 453

Tari Rumeksa Tampil di Upacara Hari Jadi Banyumas ke 453

Amin WahyudiJurnalis:Amin Wahyudi
Bagikan:
Puluhan penari menampilkan Tari Rumeksa, pada upacara Peringatan Hari Jadi Banyumas ke 453, di Alun-alun Banyumas, Kamis (22/02/2024). (Amin Wahyudi)

SERAYUNEWS – Tari Rumeksa, tampil memeriahkan upacara Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 453, di Alun-alun Purwokerto, Kamis (22/2/2024).

Tarik Rumeksa kali ini tampil secara kolosal, dengan 50 orang penari dari Sanggar Seni Graha Mustika Purwokerto dan Sanggar Seni Dharmo Yuwono.

Tari ini merupakan tarian kreasi Banyumasan yang merupakan ringkasan sajian lengger semalam suntuk, terkemas dalam sebuah tarian.

Di dalamnya terdapat unsur Lengger, Kiprahan, dan Ebeg-ebegan. Rumeksa artinya menjaga kesenian Lengger, agar tidak punah tergerus globalisasi.

Upacara Hari Jadi Banyumas, berlangsung khidmat dengan inspektur upacara Pj Bupati, Hanung Cahyo Saputro.

Seluruh jajaran Pemkab Banyumas, Forkompinda, Camat, serta Kades hadir mengikuti upacara tersebut.

Selain itu juga hadir sebagai undangan para Rektor, pimpinan BUMD, Bank Indonesia, OJK, serta tokoh, dan mantan bupati. Peserta upacara terdiri dari sejumlah LSM, Organisasi masyarakat, pelajar, dan mahasiswa.

Rekor MURI 10.000 Lengger

Puluhan penari menampilkan Tari Rumeksa, Kamis (22/02/2024). (Amin Wahyudi)

Perayaan hari jadi juga akan semakin semarah dengan pagelaran Lengger massal di sepanjang jalan Bung Karno Purwokerto. Rencananya akan tampil 10.000 penari lengger terdiri dari pelajar sampai masyarakat umum.

Pagelaran kolosal tersebut, bakal berlangsung sekitar pertengahan Juni 2024 mendatang. Even ini akan menjadi even pertama, dengan penari sebanyak itu dan akan memecahkan rekor MURI.


© 2016 Serayu News