Kamis, 11 Agustus 2022

Terpengaruh Cuaca, Harga Cabai di Purwokerto Hari Ini Tembus Rp 90 Ribu Per Kilogram

penjual cabai
Terpengaruh Cuaca, Harga Cabai di Purwokerto Hari Ini Tembus Rp 90 Ribu Per Kilogram. (Shandy)

Diduga terpengaruh cuaca dengan curah hujan tinggi, membuat harga cabai di Purwokerto dan beberapa daerah lainnya melambung tinggi. Dari pantauan serayunews.com hari ini, Rabu (8/6/2022) harga cabai di Purwokerto menembus Rp 90 ribu per kilogram.


Purwokerto, serayunews.com

Di Pasar Wage Purwokerto, cabai rawit merah naik dari harga sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 88 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogramnya.

Baca juga  Asal-Usul Nama Grumbul Kalibener, Kisah Pertaubatan Begal Paling Sadis di Purwokerto

“Sebenarnya pasokan masih lancar, itu karena memang cuacanya lagi seperti ini (hujan, red) jadi banyak petani cabai yang gagal panen,” ujar Tarkim (57), salah satu pedagang cabai di Pasar Wage Purwokero, Rabu (8/6/2022).

Tidak hanya cabai rawit merah saja yang mengalami kenaikan, cabai rawit hijau yang biasanya cukup murah sekarang mencapai Rp 70 ribu per kilogramnya. Begitu juga cabai merah biasa, sekarang harganya mencapai Rp 60 ribu dari sebelumnya Rp 40-50 ribu per kilogramnya.

Tidak hanya cabai saja yang mengalami lonjakan harga, bawang juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Baca juga  Jangan Lengah! Covid-19 Masih Ada, Meski Jumlah Kasus di Banyumas Masih Rendah Dibandingkan Kota Besar Lainnya

“Bawang putih juga naik sekarang Rp 38 ribu per kilogram, cabai hijau juga sekarang Rp 28 ribu,” kata dia.

Siti (46), pedagang di Pasar Wage lainnya mengaku, kenaikan harga cabai di Purwokerto sudah terjadi beberapa hari lalu.

“Kalau musim seperti ini apalagi sering hujan, petani cabai itu gagal panen. Memang pengiriman cabai lancar, tetapi harganya terus naik,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini