Sabtu, 29 Januari 2022

Tingkatkan Literasi, NU Care LAZISNU Cilacap Gencarkan Program Taman Baca Masyarakat

Peresmian Taman Baca Masyarakat (TBM) ‘Ruang Nutrisi’ NU Care LAZISNU Cilacap. (Dok Istimewa)

Sebagai upaya meningkatkan literasi masyarakat terutama generasi muda di Kabupaten Cilacap, NU Care LAZISNU Cilacap gencarkan program taman baca masyarakat (TBM), yang disebut dengan TBM ‘Ruang Nutrisi’.


Cilacap, serayunews.com

TBM ‘Ruang Nutrisi’ memiliki peran penting dalam ikut mencerdaskan generasi bangsa, dengan meningkatkan minat baca maupun literasi tetutama bagi anak dan kalangan remaja. Sehingga keberadaan TBM ini patut mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap.

Dalam mengawali kegiatannya, TBM ‘Ruang Nutrisi’ sebelumnya juga telah diresmikan oleh UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kesugihan Johar dan didampingi oleh Koordinator Ruang Nutrisi Solichin bersama Direktur NU Care LAZISNU Cilacap Ahmad Fauzi, bertempat di Musala Al Ikhlas Desa Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan Cilacap beberapa waktu lalu.

Baca juga  Pasar Semok Kemiren Asri, Pilihan Referensi Kuliner di Cilacap

“Masih ada generasi muda yang peduli dengan TBM. Pemuda harapan masa depan, sangat peduli terhadap keselamatan, kepedulian. Dan menjadi wadah untuk literasi masyarakat,” ujar Johar.

Sementara itu, Koordinator Program TBM ‘Ruang Nutrisi’ NU Care LAZISNU Solichin mengucapkan terimaksih atas apresiasinya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kesugihan. Apresiasi ini adalah bentuk motivasi untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dan literasi ini menjadi solusi bagi masyarakat.

“Bahasanya kita bukan menginginkan apresiasi saja, tapi kita benar-benar ingin adanya literasi ini menjadi solusi bagi masyarakat, terutama dalam pengembangan sumber dayanya,” ujar Solichin.

Solichin mengatakan, ada keterkaitan antara TBM dan dunia digital. Karena sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin maju teknologi berkembang dengan sangat pesat, demikian pun literasi dapat saling mengikuti.

“Harapan kita kedepan antara tekhnologi dan buku dalam artian literasi ada ketertarikan. Harapan kita dengan adanya literasi ini masyarakat akan menemukan jati dirinya,” kata Solichin.

Baca juga  Saat Periode Dua Kepemimpinan Ganjar, Sudah 755 Ribu Rumah Tak Layak Huni Direnovasi

Direktur NU Care-LAZISNU Cilacap, Ahmad Fauzi menyampaikan, dalam kesempatannya sinergi program dengan TBM ‘Ruang Nutrisi’ diharapkan menjadi wahana untuk mengimplementasikan potensi di masyarakat agar masyarakat menjadi lebih cerdas, kreatif dan inovatif.

Ahmad Fauzi mengajak kepada masyarakat untuk bisa mendonasikan kebutuhan TBM Ruang Nutrisi. Donasi bisa berupa buku-buku yang masih layak baca, bisa disalurkan dengan datang langsung ke Kantor NU Care-LAZISNU Cilacap Jalan Masjid No. 09 Sidanegara, Cilacap Tengah, Cilacap. Atau bisa melalui transfer via rekening BNI 089 292 488 8 a.n Lazisnu Cilacap, informasi dan konfirmasi hubungi 081228221010.

Sebelumnya, pada acara peresmian TBM ‘Ruang Nutrisi’ juga diisi dengan tausiyah dari Ki Dalang Ulin Nuha (Juara Aksi Indosiar 2019). Dalam tausiyahnya Ulin menyampaikan tema.

Baca juga  Kaum Perempuan Paling Terdampak Hadapi Pandemi Covid Tapi Tangguh, Ini Kata Bunda Teti

“Wujudkan Generasi ‘Alim ‘Alamah Penerang Umat” bahwa, pemuda hari ini adalah pemimpin masa yang akan datang. Anak-anak akan menyalurkan estafet perjuangan ke masa depan.

“Semoga kedepannya semakin sukses, diberikan kelancaran dan membawa barokah untuk para pengurus para anggota masyarakat sekitarnya,” ujar Ki Dalang Ulin Nuha.

Ki Dalang Ulin Nuha berharap, kedepannya dengan TBM ini anak-anak jauh lebih pintar lebih sholeh dan sholehah, serta mengajak kepada teman-teman untuk mendonasikan buku-buku sebagai sarana untuk belajar anak-anak menumbuhkan minat baca masyarakat. Donasi dapat tersalurkan melalui NU Care LAZISNU Cilacap.

Peresmian TBM dihadiri Juara Aksi Indosiar tahun 2019 Ki Dalang Ulin Nuha, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kesugiahan, perwakilan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap, Kepala Desa Kuripan Kidul, Koordinator Program TBM Ruang Nutrisi dan Direktur NU Care LAZISNU Cilacap.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini