Tips Meredakan Masuk Angin dengan Mudah, Tak Perlu Pakai Obat

masuk angin
llustrasi tips meredakan masuk angin. (Pixabay.com/Martine)

SERAYUNEWS – Simak tips meredakan masuk angin yang kerap dikeluhkan masyarakat. Ketika merasa tidak enak badan kerap dikaitkan dengan masuk angin.

Kondisi badan kurang fit membuat seseorang jadi tidak konsentrasi saat melakukan berbagai aktivitas. Kadang kala jadi malas melakukan sesuatu.

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh cuaca. Misalnya, cuaca di malam hari yang terasa dingin. Selain itu, masuk angin kerap dikeluhkan ketika memasuki musim kemarau dan penghujan.

Masuk angin merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat membuat tubuh tidak nyaman. Istilah masuk angin itu umumnya digunakan untuk menggambarkan sejumlah gejala yang muncul pada tubuh akibat perubahan cuaca atau faktor lainnya.

Misalnya mulai bersin-bersin, perut kembung, badan hangat, merasa kedinginan, lemas, hingga diare. Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur atau istirahat.

Orang yang mengalami masuk angin merasakan sensasi dingin, seperti menggigil, tubuh pegal-pegal, merasa lelah dan tidak bertenaga.

Sebaiknya perlu mengetahui cara mengatasi masuk angin tanpa mengonsumsi obat. Meskipun kerap kali bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap diupayakan cara untuk meredakannya agar tidak sampai menimbulkan penyakit serius seperti flu.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini tips meredakan masuk angin yang mudah dilakukan sendiri.

Tips Redakan Masuk Angin

  • Minum Air Hangat

Cara yang paling mudah dilakukan ketika tubuh kurang fit adalah memperbanyak konsumsi air. Utamakan minum air hangat dan segera dihabiskan.

Dengan air hangat akan melegakan tenggorokan dan seolah menghangatkan badan. Ketika tubuh kurang fit memang lebih nikmat minum minuman yang hangat atau panas. Perbanyak air putih agar tidak dehidrasi.

  • Kompres Air Hangat

Merasa tidak nyaman pada area perut atau punggung? Kamu bisa mengompres area tersebut untuk meredakan kram, perut kembung, hingga pegal-pegal di punggung.

Gunakan kain atau handuk kemudian direndam air hangat. Peras kemudian tempelkan pada area yang tidak nyaman.

  • Pijat

Salah satu cara meredakan masuk angin adalah melakukan pijatan. Pijat area bahu, punggung dan perut untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Pijat menggunakan minyak kayu putih atau essential oil. Pemijatan dengan menggunakan minyak dapat menghangatkan tubuh sekaligus memberikan efek relaksasi. Hal ini dapat melancarkan sirkulasi darah, meredakan kram, dan mengurangi perut kembung.

  • Makanan Berkuah

Salah satu tips untuk meredakan masuk angin adalah menyantap makanan yang berkuah dan panas. Biasanya terasa lebih melegakan dan hangat.

Pilih hidangan makanan seperti sop dengan kuah kaldu ayam atau sapi. Tambahan sayuran tentu saja akan menambah nutrisi untuk tubuh. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas dan berat karena akan memperburuk gejala masuk angin.

Konsumsi makanan yang mudah dicerna agar perut tidak bekerja terlalu keras selama proses pencernaan berlangsung. Pastikan mengonsumsi makanan bergizi untuk mengembalikan energi dan meningkatkan imunitas tubuh.

Jika memasak mi instan tambahkan sayuran serta protein untuk menambah nilai gizi.

  • Kepala Lebih Tinggi

Cobalah tidur dengan posisi lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya. Gunakan bantal yang nyaman untuk menyesuaikan posisi tidur dan mencegah gejala asam lambung naik.

  • Teh Jahe

Minuman yang satu ini bisa dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh. Teh jahe dengan tambahan madu bagus untuk meningkatkan imunitas. Selain itu juga bisa mengonsumsi lemon atau jeruk nipis hangat.

Demikian tips untuk meredakan masuk angin yang kerap dikeluhkan masyarakat.

***