Jumat, 9 Desember 2022

Tol Bandung-Cilacap, Bakal Jadi yang Terpanjang di Indonesia

Foto peta citra rencana trase Tol Bandung – Cilacap. (Dok Bapelitbangda Kabupaten Cilacap)

Jalan Tol Bandung-Cilacap atau yang populer dengan Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) bakal menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia. Jalur tol yang akan menghubungkan kota-kota di selatan pulau Jawa itu, membentang sejauh 206,65 Km.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bapelitbangda Cilacap, Imam Jauhari mengatakan, progres pembangunan Tol GeTaCi saat ini baru mencapai tahap penetapan lokasi (penlok) untuk wilayah Jawa Barat. Kemudian baru akan berlanjut ke penetapan lokasi, di Jawa Tengah.

“Praktis kami (Pemkab Cilacap, red) baru akan terlibat jika dalam tahap penlok di wilayah Cilacap,” katanya kepada serayunews.com, Selasa (27/9/2022).

Ia menjelaskan, Tol Getaci targetnya baru beroperasi pada 2029 mendatang. Hal itu karena terdapat jeda jadwal konstruksi sekitar 3 tahun. Pengerjaan tahap 2 yang meliputi jalur Tasikmalaya-Cilacap, baru pada 2027 mendatang.

“Nah nantinya di wilayah Cilacap akan ada dua simpang susun (SS), yakni SS Patimuan dan SS Cilacap. Sementara SS Cilacap, akan menjadi pintu keluar masuk pengendara dari dan menuju Kota Cilacap,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini