Minggu, 5 Februari 2023

Tolak PNBP, Besok Ribuan Nelayan Cilacap Rencananya akan Gelar Aksi di Tiga Titik

Demo Nelayan Cilacap
Sejumlah nelayan Cilacap di wilayah Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap saat gelar aksi penolakan penerapan PNBP dan protes biaya tambat labuh di PPSC. Aksi penolakan dengan pembubuhan penandatanganan petisi penolakan dalam spanduk, Jumat (13/1/2023). (Ulul Azmi/Serayunews)

Ribuan nelayan di Kabupaten Cilacap rencananya akan menggelar aksi unjuk rasa pada Kamis (19/1/2023) besok. Aksi damai yang akan berlangsung di tiga titik ini. Aksi ini terkait penolakan pemberlakuan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu sebagai protes biaya tambat labuh di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC).


Cilacap, serayunews.com

Perwakilan nelayan Cilacap yang juga pengusaha perikanan Supri Jaya mengatakan, aksi damai rencananya akan mulai sekitar pukul 07.30 WIB. Titik kumpul di area kompleks Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap.

“Sesuai dengan rencana, kita akan demo di tiga titik. Rutenya mulai dari Kantor PPSC, Dinas Perikanan, dan terakhir di DPRD Cilacap,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (18/1/2023).

Dalam aksi damai ini, akan melibatkan ribuan nelayan Cilacap di antaranya para pelaku usaha perikanan di Cilacap dan sekitarnya.

Baca juga: Catat! Sekitar 3000 Nelayan Cilacap Akan Demo, Menolak Pemberlakuan PNBP dan Protes Biaya Tambatan Kapal

“Insyaallah, mohon doa restunya, berharap besok aman, kondusif, nggak anarkis,” imbuhnya.

Untuk aksi damai ini terkait dengan penolakan pemberlakuan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) 10 persen pasca produksi dan biaya tambat labuh kapal di PPSC yang dinilai memberatkan dan membebani saat di masa paceklik.

Meskipun rencananya akan melibatkan ribuan nelayan, namun sementara ini belum ada wacana rekayasa lalu lintas. Terutama jalur pendemo.

“Sementara ini belum ada rekayasa lalu lintas,” ujar Kasat Lantas Polresta Cilacap AKP Muhammad Salman Farizi Putera melalui sambungan telepon.

Berita Terpopuler

Berita Terkini