Jumat, 24 September 2021

Unik, Ada Komunitas Pemerhati Kucing Liar di Cilacap, Begini Aktivitasnya

Kegiatan Stray Cat’s Cilacap. (Irfan)

Stray Cat’s Cilacap, merupakan komunitas pemerhati kucing liar yang sudah ada sejak 2020 lalu. Aktivitasnya, antara lain memberi makan kepada kucing liar serta merawat sekaligus mengobati penyakitnya.


Cilacap, serayunews.com

Salah satu anggota komunitas Riski Nur Alamsyah mengatakan, terbentuknya komunitas Stray Cat’s Cilacap didasari atas keprihatinan melihat banyaknya kucing liar yang tidak terawat. Bahkan tidak sedikit pula yang terpapar penyakit.

“Bahkan banyak juga yang luka dan memar, yang terparah kami pernah menemukan kucing korban tabrak lari. Namun akhirnya meninggal,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (19/8/2021).

Ia menjelaskan, pemberian makanan kepada kucing liar, tentu tidak jauh beda dengan kucing peliharaan. Jenis makananya pun sama, yakni dryfood dan wetfood. Ini dilakukan agar kucing jalanan juga mendapatkan asupan makanan yang terbaik. Serta diharapkan tidak mudah terserang penyakit.

“Kami juga selalu sedia obat-obatan. Bahkan jika ada pemberitahuan kucing yang menjadi korban kecelakaan kami pun siap mengevakuasi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, biaya operasional komunitas ini pun bersumber dari iuran para anggotanya. Namun pihaknya juga membuka sumbangan dari para donatur yang ingin terlibat. Bahkan tak jarang juga komunitas ini meluncurkan merchandise, yang keuntungannya akan digunakan untuk kegiatan perawatan kucing.

“Gotong royong kami semua, penjualan merchandise lumayan bisa sampai 2 juta dananya. Namun memang tidak setiap saat ada, bagi yang ingin donasi silakan kunjungi Instagram kami @starycats.club, contact person dan nomor rekening tertera di bio,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Terkini