Kamis, 11 Agustus 2022

Urus SIM dan STNK Wajib Pakai BPJS Kesehatan, Ini Penjelasan Kasat Lantas Purbalingga 

bpjs
BPJS

Pemerintah membuat aturan untuk pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), wajib menyertakan kartu BPJS Kesehatan. Aturan itu berdasar pada Instruksi Presiden (Inpres) No 1 tahun 2022 yang bertujuan untuk optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Purbalingga, serayunews.com 

Setelah mencuatnya informasi terkait aturan yang mensyaratkan BPJS ketika mengurus SIM dan STNK, langsung menjadi perbincangan di masyarakat. Sebab untuk mengurus hal itu, masyarakat wajib tercatat sebagai anggota aktif BPJS.

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Rizky Widya Pratomo, mengakui adanya informasi tersebut. Namun, aturan tersebut belum diterapkan di wilayah hukum Polres Purbalingga.

Baca juga  “Layar Tanjleb” di MTL Soedirman Tandai Pembukaan Festival Film Purbalingga 2022

“Saat ini belum diberlakukan,” katanya, Jumat (30/06/2022).

Meski sudah ada aturan tersebut, namun pihaknya belum mendapatkan instruksi lebih lanjut. Sehingga, belum mengetahui aturan detailnya seperti apa.

“Belum ada jukrahnya (Petunjuk dan Arahan, red). Pasti dari Korlantas kasih jukrah kalau ada kebijakan baru,” ujarnya.

Sehingga sampai saat ini, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan. Sebab untuk mengurus perihal SIM dan STNK, di Purbalingga masih menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja.

“Masih cukup menggunakan KTP,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini