Sabtu, 18 September 2021

Vaksinasi Door To Door, Upaya Memudahkan Lansia Mendapatkan Vaksin agar Tercapai Herd Immunity 

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meninjau kegiatan vaksinasi di rumah warga yang lansia. (Amin)

Pemerintah saat ini masih terus menggencarkan program vaksinasi untuk masyarakat. Selain di fasilitas-fasilitas kesehatan, vaksinasi juga dilakukan dengan jemput bola. Kegiatan yang dilakukan door to door ini lebih dikhususkan kepada para lansia. Langkah ini juga sesuai instruksi dari pusat, demi suksesnya program vaksinasi.


Purbalingga, serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga Hanung Wikantono menyampaikan, vaksinasi juga dilakukan secara door to door. Sasaran utama program ini adalah lansia. Tujuannya yakni memudahkan akses para lansia untuk mendapatkan vaksin.

“Kita lakukan ke desa-desa, karena untuk memudahkan lansia. Sebab masyarakat yang paling potensi terpapar adalah lansia, sedangkan mereka mungkin ada kesulitan datang ke kecamatan atau Puskesmas, jadi kita jemput bola,” kata Hanung, Selasa (03/08/2021).

Tidak hanya dilakukan oleh Dinkes, tapi untuk vaksinasi door to door ini juga dilakukan oleh TNI dan Polri. Harapannya, semakin banyak orang yang tervaksin, maka akan meminimalisir resiko terpaparnya Covid.

“Melalui vaksinasi ini harapannya bisa meningkatkan herd imunity juga,” ujarnya.

Diketahui, sampai akhir Juli, Kabupaten Purbalingga, sampai Juli lalu sudah 93 ribu orang tervaksin. Terdiri dari remaja, lansia, pelayan publik, sampai masyarakat umum.

Kegiatan vaksinasi di Desa Bumisari Purbalingga, kemarin. (Amin)

Berdasarkan kategorinya, paling banyak yang divaksin adalah kategori lansia. Jumlahnya sudah mencapai 29.881 orang, untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua sudah 22.445 orang. Sasaran kedua yakni pelayan publik. Sudah tervaksin berjumlah 24.699 untuk dosis pertama. Dosis kedua berjumlah  15.079 orang.

Sampai saat ini, lanjut Hanung, Dinkes masih memiliki persediaan vaksin sejumlah Di Dinkes tinggal 600 vial.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini