Kamis, 11 Agustus 2022

Vaksinasi Hewan Ternak di Cilacap Dikebut 

Kegiatan vaksinasi sapi di Cilacap
Kegiatan vaksinasi sapi di Cilacap. (Foto : dok Dinas Pertanian Cilacap)

Mengantisipasi dan mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melaksanakan pemeriksaan kesehatan sapi di sejumlah wilayah. Seperti halnya pemeriksaan di Kecamatan Sampang, Maos, Binangun dan Adipala pada, Sabtu dan Minggu (3/7/2022).


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Pertanian Cilacap, Susilan mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan di empat kecamatan tersebut guna mengantisipasi penyebaran PMK di wilayahnya. Adapun sebanyak 480 sapi, menjadi sasaran pemeriksaan kali ini.

“Kami memeriksa 40 sapi yang ada di Kecamatan Maos dan 40 sapi di Kecamatan Sampang. Kemudian juga ada 200 sapi di Kecamatan Adipala, begitu pula di Kecamatan Binangun ada 200 sapi,” katanya kepada serayunews.com, Minggu (3/7/2022).

Baca juga  Tebing Setinggi 15 Meter Longsor dan Menimpa Rumah Warga Maos Cilacap, Begini Kondisinya

Ia menjelaskan, tujuan pemeriksaan kesehatan hewan kali ini untuk mengetahui seberapa banyak jumlah hewan sehat dan siap mendapatkan vaksin. Sementara untuk hewan yang terindikasi terpapar PMK akan ada pengobatan secara berkala hingga sembuh.

“Apalagi sebentar lagi akan Iduladha, kami betul-betul harus selektif memilih hewan sehat agar aman dikonsumsi masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, dari pemeriksaan pada 480 sapi di empat kecamatan tersebut, seluruhnya sehat. Bahkan terdapat sebanyak 400 sapi, telah mendapatkan vaksin guna pencegahan PMK. Susilan pun mengimbau, agar para peternak selalu menjaga kebersihan kandang.

Baca juga  Kroya Kini Ada Car Free Day, Diharapkan Dongkrak Perekonomian Cilacap Bagian Timur

“Imbauan kami tentu peternak harus jaga kebersihan kandang dengan menyemprotkan disinfektan, karena itulah pencegahan paling mudah,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini