Jumat, 9 Desember 2022

Viral Banjir Bandang Terjang Maos Lor Cilacap, Begini Faktanya

Salah satu postingan di media sosial terkait banjir Maos Lor. (dok istimewa)

Jagad media sosial dihebohkan dengan beredarnya kabar banjir bandang dari Sungai Serayu yang menerjang Desa Maos Lor Kecamatan Maos Cilacap saat terjadi hujan disertai dengan angin, Selasa (07/09) malam. Ternyata beredarnya kabar yang sempat membuat resah tersebut adalah Hoax.


Maos, serayunews.com

Kabar terjadinya banjir bandang di Maor Lor Cilacap itu awalnya di posting oleh salah satu akun bernama Virgo di grup face book Sedulur Ngapak. Dalam unggahannya tersebut terulis “Sugeng sonten lurrr… aku arep takon jare Maos lor banjir bandang kang Serayu… apa bener?? (Selamat malam sedulur, saya mau tanya katanya Maos lor banjir bandang dari Serayu… apa benar?).

Postingan di grup itupun ramai diperbincangkan, ada yang menanggapi dengan serius, ada yang menanggapi dengan candaan, serta ada pula yang membantahnya bahwa tidak terjadi sesuatu seperti yang dimaksud pengunggah postingan tersebut.

“Itu kabar dari mana bikin panik soalnya anaku juga Maos lor loh kalo aku kan Maos kidul tapi aku pingir kali ngga ada apa pun tuh belakang rumah ku tanggul kali,” ujar pemilik akun Mursinah Mursinah yang ikut berkomentar dalam postingan grup tersebut.

“Wong pinggir serayu hadir dan aman2 saja bu (orang pinggir serayu hadir dan aman-aman saja bu),” ujar pemilik akun bernama Kusriyani.

Sementar itu, dari pengunggah postingan tersebut mendapat kabar beredar banjir badang dari grup whatsapp.

“Ana sing kirim maring grup wa (Ada yang kirim dari grup wa),” ujar pemilik akun Virgo sekaligus pengunggah postingan.

Menanggapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap melalui Kepala Seksi Kesiapsiagaan Bencana Gatot Arief Widodo mengatakan, bahwa kabar yang beredar tersebut adalah tidak benar atau hoax.

“Iya betul hoax, hasil pengecekan lapangan dan laporan rekan di Kecamatan Maos tidak ada kejadian tersebut, himbauan kami tolong informasikan dan laporkan apabila ada tanggul sungai Serayu yang kritis,” ujar Gatot saat dikonfirmasi, Rabu (08/09/2021).

Editor :M Amron

Berita Terpopuler

Berita Terkini