Warga Cilacap Selatan Dikagetkan dengan Ular Melingkar di Belakang Rumah

Damkar cilacap
Petugas Damkar saat evakuasi ular jali yang bersembunyi di belakang rumah warga di Cilacap, Rabu (8/2/2023). (Dok UPT Damkar Cilacap)

Seorang warga yang tinggal di Jalan Baleng Kecamatan Cilacap Selatan kaget dengan kemunculan seekor ular. Ular itu melingkar di belakang rumahnya, Rabu (8/2/2023). Karena takut, warga melapor ke petugas damkar.


Cilacap Selatan, serayunews.com

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi menyampaikan, pihaknya mendapat laporan terkait keberadaan ular jali di belakang rumah milik Tri Prayitno.

Adapun keberadaan ular diketahui pada Rabu sore sekira pukul 15.00 WIB. Saat itu, posisi ular sedang melingkar di bawah tumpukan asbes belakang rumahnya.

“Karena takut, akhirnya bapak Tri Prayitno datang dan melapor ke kantor damkar. Seketika itu tim damkar meluncur ke lokasi,” ujar Supriyadi.

Baca juga: Ini Inovasi Damkar Cilacap 2023, Akan Bikin Wahana Edukasi Hingga Goes To School

Setelah tiba di lokasi, petugas langsung menggelar operasi tangkap ular (OTU) dan mengevakuasinya dengan alat pelindung diri (APD). Tak membutuhkan waktu lama, damkar berhasil mengevakuasi seekor ular jali dengan panjang sekitar 1 meter.

“Ular kita evakuasi dan kita lepasliarkan kembali di tempat yang aman dan jauh dari pemukiman penduduk,” imbuhnya.

Petugas mengimbau kepada masyarakat, agar terhindar dari ular dan hewan berbahaya lainnya. Warga hendaknya merapikan dan membersihkan lingkungan sekitar dari tumpukan barang-barang bekas.

Sedangkan untuk pelayanan damkar, bisa dengan memanggil nomor telepon Pos Damkar maupun melalui Aplikasi Satkartaru Siap.

Berita Terkait

Berita Terkini