Kamis, 1 Desember 2022

Waspada! Cuaca Ekstrem di Cilacap Diprediksi Terjadi hingga Januari 2023

Sejumlah rumah warga di Desa Wanareja, Kecamatan Wanareja, Cilacap terendam banjir akibat luapan Sungai Cilaca, Rabu (27/10/2022) lalu. (Dok BPBD Cilacap)

Cuaca ekstrem yang melanda Cilacap beberapa bulan terakhir, diprediksi akan terus terjadi hingga Januari 2023 mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo.


Cilacap, serayunews.com

Menurut Teguh, selama musim penghujan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi.

“Untuk wilayah Kabupaten Cilacap bahkan sampai Januari 2023 mendatang,” katanya kepada serayunews.com, Selasa (15/11/2022).

Dia menjelaskan, pada Desember dan Januari merupakan puncak musim penghujan. Sehingga hujan ekstrem, angin kencang dan petir, juga masih berpotensi terjadi di bulan bulan tersebut. Dari pantauan kondisi cuaca terkini di Cilacap, hujan disertai petir masih sering terjadi. Intensitas hujan ringan hingga lebat, kejadian hujan biasanya pada sore hingga malam hari.

“Kondisi terkini suhu udara kisaran 24-32 Celcius, kelembapan 67-98 persen, angin umumnya bertiup dari Tenggara hingga Barat Daya, kecepatan berkisar 5-25 km/jam,” tuturnya.

Sementara, untuk cuaca hari ini, sekitar pukul 16.00 WIB di sebagian besar wilayah Cilacap diprediksikan akan diguyur hujan ringan dengan suhu udara 29 derajat celsius. Dengan kelembapan udara 80 persen dan kecepatan angin 20 km/jam dari arah timur.

“Memasuki malam hari sekitar pukul 19.00 WIB wilayah Cilacap diprediksi masih diguyur hujan ringan dengan suhu udara 27 derajat celsius. Kelembapan udara 85 persen dan kecepatan angin 10 km/jam dari arah Timur,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini