Selasa, 28 September 2021

12 Agustus Hari UMKM Nasional? Ini Harapan Para Pelakunya di Cilacap

Salah saru produk UMKM Cilacap. (Irfan)

Tepat hari ini, Kamis 12 Agustus 2021 merupakan peringatan Hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasional. Untuk itu, para pelaku UMKM yang tergabung dalam Forum UMKM Kabupaten Cilacap memiliki sejumlah harapan.


Cilacap, serayunews.com

Salah satunya meminta pemerintah untuk melakukan aksi yang berdampak pada peningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya pelaku UMKM.

Ketua Forum UMKM Kabupaten Cilacap Suwaryan mengatakan, pihaknya menginginkan adanya aksi perubahan dari pemerintah setempat, pihak swasta serta BUMN maupun BUMD yang ada di Cilacap. Dia berharap para pihak tersebut mendorong geliat UMKM agar dapat berkembang secara maksimal.

Apalagi sejak adanya pandemi Covid-19, para pelaku UMKM merupakan salah satu yang paling terdampak. Ditambah adanya penerapan PPKM sejak 2 Juli lalu, mengakibatkan omzet maupun penghasilan para pelaku UMKM merosot drastis.

“Tentu ini kesempatan yang baik, dimana kami meminta dukungan dari semua pihak untuk mensupport UMKM. Karena menurut kami pemulihan ekonomi akan lebih baik jika dimulai dari lingkungan sekitar, yakni UMKM,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (12/8/2021).

Selain itu, ia juga mendorong masyarakat untuk membeli produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM. Apalagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga telah mengajak para PNS dan masyarakat yang berpenghasilan lebih untuk membeli dagangan UMKM.

Dengan harapan adanya upaya saling menguatkan satu sama lain, di tengah serangan pandemi Covid-19. Selain itu, selama ini pelaku UMKM juga sudah mengoptimalkan berbagai inovasinya, sehingga tidak ada alasan untuk tidak membantu upaya yang dilakukan tersebut.

“Saling menguatkan saja sebetulnya, apalagi jika BUMN dan perusahaan besar di Cilacap bisa membantu secara maksimal. Kemungkinan kondisinya akan lebih baik dari sekarang,” ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini