Rabu, 5 Oktober 2022

150 Kontingen Siap Ramaikan Pawai Kebangsaan di Purbalingga, Ini Rutenya

Meriahkan HUT RI ke 77

Peserta berpakaian adat Jawa dan bersepeda meramaikan pawai menyambut HUT RI ke 74 pada Sabtu (24/8/2019). (Joko Santoso)

Sedikitnya 150 kontingen akan ikut ambil bagian dan meramaikan Pawai Kebangsaan. Pawai itu dalam rangkaian peringatan HUT RI ke 77 tingkat Kabupaten Purbalingga. Perhelatan tersebut akan berlangsung pada Minggu (21/82022) mendatang.


Purbalingga, serayunews.com

“Pawai ini kembali terlaksana setelah dua tahun pandemi. Oleh karena itu kami akan membuatnya menjadi lebih meriah. Sudah ada persiapan termasuk rutenya. Start di GOR Goentoer Darjono dan finish di alun-alun. Sedangkan panggung kehormatan ada di alun-alun selatan atau di depan SMPN 1 Purbalingga,” kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga, Wasis Andri Wibowo, kepada serayunews.com, Senin (15/8/2022) petang.

Dia memaparkan rute detail pawai kebangsaan adalah Start dari GOR Goentoer Darjono jalan Kominot lurus ke arah barat menuju Pasar Lama/Taman Usman Janatin. Selanjutnya belok kanan menuju pertigaan KOMPO Motor lurus ke arah timur melalui Jalan Jenderal Soedirman.

“Lalu melewati depan Toko ABC menuju Alun-alun belok kanan menuju panggung kehormatan di pertigaan SMPN 1 Purbalingga dan SMA Muhammadiyah. Setelah melewati panggung kehormatan terus masih berjalan Bubar pasukan di Pertigaan depan Kantor PLN,” terangnya.

Tema pawai kebangsaan adalah Dengan Semangat Juang Panglima Besar Jenderal Soedirman Kita Jadikan Momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Untuk Mewujudkan Purbalingga Hebat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

“Sejumlah 150 kontingen yang ikut ambil bagian dalam pawai kebangsaan, masing-masing dari Organisasi Wanita/Sosial Kemasyarakatan di Tingkat Kabupaten Purbalingga, OPD se-Kabupaten Purbalingga, Sekolah ( SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal di Kabupaten Purbalingga, Kecamatan dan Korwil se-Kabupaten Purbalingga, BUMD (Perbankan, Perumda), BUMN yang ada di Kabupaten Purbalingga serta Perwakilan Perusahaan / PT di wilayah Kabupaten Purbalingga,” katanya lagi.

Dalam kesempatan terpisah Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyampaikan Pemkab Purbalingga akan menjadikan momentum peringatan HUT kemerdekaan RI ke 77 untuk meneguhkan branding “Purbalingga Bumi Tempat Lahir Soedirman”. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan untuk mendukungnya.

”Salah satunya melalui pawai kebangsaan ini,” tuturnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini