Kamis, 7 Juli 2022

150 ribu Lebih Wisatawan Serbu Purbalingga Selama Libur Lebaran

Wisatawan sedang asik menikmati wahana di Owabong Purbalingga. (Amin)

Lebih dari 150 ribu wisatawan serbu destinasi wisata di Purbalingga, selama libur Lebaran. Hampir semua objek wisata yang ada, mengalami peningkatan kunjungan dalam sepekan.


Purbalingga, serayunews.com

Berdasarkan data Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, peningkatan jumlah kunjungan terjadi selama periode 1-8 Mei 2022.

“Total ada sekitar 159.437 wisatawan, itu baru 50 persen objek wisata yang melapor,” kata Kepala Dinporapar, Prayitno, Senin (09/05/2022).

Selama dua tahun pandemi Covid-19, masyarakat kesulitan melakukan perjalanan wisata. Objek wisata pun lumpuh, karena tidak bisa beroperasi. Lebaran kali ini, Pemerintah memberikan pelonggaran dan masyarakat diizinkan mudik ke kampung halaman. Hal itu menjadi momen untuk kembali menggeliatkan sektor wisata.

Baca juga  Warga Boleh Manfaatkan Lahan Dekat Bendungan Bener

“Jumlah kunjungan termasuk tinggi, semoga ini bisa menjadi titik balik kembalinya sektor wisata khususnya di Purbalingga,” ujarnya.

Selain destinasi yang sudah ada sebelumnya, Purbalingga juga diwarnai dengan beberapa destinasi wisata baru. Baik yang dikelola desa, maupun perorangan. Namun demikian, tiga destinasi lama ternyata masih menjadi favorit yakni Owabong, Sanggaluri Park, dan D’las.

“Owabong masih favorit, peringkat kedua Purbasari dan D’las,” kata Prayitno.

Berdasarkan data yang dihimpun, puncak kunjungan wisata terjadi di H+2 atau hari Rabu (04/05/2022). Dalam satu hari tercatat mencapai 40.402 wisatawan yang datang ke Purbalingga. Selang sehari, angka kunjungan terpaut tipis mencapai 37.150 wisatawan.

Berita Terkait

Berita Terkini