Minggu, 5 Februari 2023

2.064 Orang Perangkat Desa di Banjarnegara, Ikut Ramaikan Silatnas PPDI di Jakarta

Bus rombongan dari perangkat desa Banjarnegara bersiap untuk menuju Jakarta dalam kegiatan Silatnas PPDI ke III, Selasa (24/1/2023). (Maula/Serayunews)

Ribuan perangkat desa dari Kabupaten Banjarnegara, ikut berangkat ke Jakarta guna menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) jilid III. Banjarnegara sendiri, memberangkatkan sekitar 47 kendaraan menuju Jakarta.


Banjarnegara, serayunews.com

Plt. Ketua PPDI Kabupaten Banjarnegara, Sujono mengatakan, untuk rombongan dari Banjarnegara berangkat secara terpisah dan dikoordinir oleh masing-masing kecamatan. Hal ini dilakukan, untuk menghindari konvoi kendaraan yang terlalu panjang dan bisa menganggu aktivitas pengguna jalan lain.

“Untuk perangkat yang berangkat ada sekitar 2.064 orang dengan total kendaraan mencapai 47 kendaraan, baik itu bus besar, mikro, dan elf,” katanya.

Menurutnya, rombongan dari Banjarnegara berangkat mulai pukul 15.30 WIB, namun ada juga yang berangkat pada pukul 16.35 WIB. Semua kendaraan dari Banjarnegara, akan berkumpul di istana presiden guna mengikuti Silatnas PPDI dan menyalurkan aspirasi bagi perangkat desa.

Sementara itu, koordinator pemberangkatan PPDI Kabupaten Banjarnegara, Fuad Hasan mengatakan, untuk rombongan terbesar berangkat dari Pendopo Dipayudha Banjarnegara. Sementara sisanya, berangkat dari beberapa wilayah seperti Kalibening, Karangkobar, Pejawaran, Klampok, dan lainnya.

“Kita memang tidak satu titik keberangkatan, tujuannya agar tidak menganggu lalu lintas lain karena rombongan yang terlalu banyak. Ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi,” katanya.

Seperti diketahui, acara Silatnas III PPDI ini juga terdapat agenda nasional terkait penerbitan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) serta beberapa regulasi terkait pemerintahan desa pada Kementerian dalam negeri (Mendagri).

NIPD merupakan satu hal yang penting, sebagai bagian dari penguatan status perangkat desa sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan desa. Untuk itu melalui Silatnas ini, PPDI akan mendesak Mendagri untuk segera menerbitkan peraturan terkait dengan NIPD.

Rombongan perangkat desa yang berangkat dari Pendopo Dipayudha Banjarnegara, langsung mendapatkan pengawalan dari Satlantas Polres Banjarnegara hingga menuju perbatasan wilayah dengan Kabupaten Purbalingga.

Berita Terpopuler

Berita Terkini