Rabu, 20 Oktober 2021

4000 Ayam Mati Terpanggang Saat Kandang di Kuripan Kidul Kesugihan Ludes Terbakar

UPT Damkar Cilacap saat sedang memadamkan api kebakaran menimpa kandang ayam milik Ahmad Faojin terletak di Jalan Songo Walik RT 01 RW 10 Dusun Bulu Kuning Desa Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan Cilacap, Rabu (29/09) pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Peristiwa kebakaran menimpa kandang ayam milik Ahmad Faojin terletak di Jalan Songo Walik RT 01 RW 10 Dusun Bulu Kuning Desa Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan Cilacap, Rabu (29/09) pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Akibat kebakaran itu, sebanyak 4000 ekor ayam dan peralatan seisi kandang ludes terbakar. Kerugian ditaksir hingga Rp 50 juta.


Kesugihan, serayunews.com

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi menyampaikan, peristiwa kebakaran awalnya diketahui oleh salah satu warga yang melihat kepulan asap dari dalam kandang ayam tersebut. Ternyata setelah di cek api sudah menjalar ke bagian dinding kandang. Kemudian waga memanggil pemilik kandang dan warga lain untuk dilakukan pemadaman dengan alat seadanya.

“Pemilik rumah menghubungi perangkat desa dan dilanjutkan menelepon Pemadam Kabupaten Pos Cilacap. Sesampai dilokasi tim langsung memadamkan api. Pemadaman mengunakan dua Armada 3000 liter dan 4000 liter dengan melibatkan empat personel Damkar dibantu warga,” ujarnya.

Supriyadi menambahkan, setelah api bisa dipadamkan, petugas lakukan pendinginan dan pendataan serta sosialisasi nomor Pos Damkar Cilacap. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting arus listrik. Kebakaran itu juga mangakibatkan seluruh isi kandang ludes terbakar.

“Akibat kebakaran menghanguskan 4000 ekor ayam, pakan ayam, papan, kayu kaso dan kandang ayang dengan total kerugian ditaksir Rp 50 juta,” ujarnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini