Sabtu, 20 Agustus 2022

Ada Jumat Bahagia dari Kantor Kemenag Cilacap, Apa Itu?

Kepala Kankemenag Cilacap Imam Tobroni saat melaunching program Jumat Bahagia (Ulul Azmi).

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cilacap melaunching program Jumat Bahagia. Program ini sebagai bentuk pelayanan dan contoh kepada masyarakat agar terlayani dengan bahagia, serta berbagi kepada sesama.


Cilacap, serayunews.com

 Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cilacap Imam Tobroni melaunching Jumat Bahagia bersama jajaran pegawainya di halaman Kantor pada Jumat Pagi (29/7/2022).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cilacap Imam Tobroni mengatakan, program Jumat Bahagia merupakan sebuah inspirasi. Program itu bisa  untuk diri sendiri, pelayanan Kantor Kemenag Cilacap, maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Baca juga  Hari Ini, Tenaga Kesehatan di Cilacap Mulai Vaksin Dosis ke 4

“Itu dalam bentuk apapun, senyum sekalipun ketika orang lain menerima senyum dengan bahagia, termasuk pelayanan kita. Harapannya  menjadi pelayanan yang bahagia. Pulang dari Kantor Kementerian Agama bukan mbesengut (gerutu) tetapi pulang dengan bahagia karena pelayanannya cepat, mudah, murah, bahkan gratis sekalipun,” ujarnya usai melaunching Jumat Bahagia.

Imam mengatakan, program Jumat Bahagia juga telah diimplementasikan oleh jajaran para pegawai di bawahnya, melalui berbagai kegiatan kepedulian sosial.

“Program ini bersifat inspiratif, karena Kemenag melalui para penyuluh melakukan program penyuluh peduli di Cilacap Utara. Ada Jumat berbagi oleh dharma wanita persatuan, kita juga punya gerakan penyuluh tani mengaji dan juga pendampingan terhadap orang yang tidak mampu atau mustahik zakat,” katanya.

Baca juga  Inovatif, RDF Cilacap Jadi Primadona Pengelolaan Sampah

Sedangkan, program Jumat Bahagia, menurutnya sebagai makna hari yang menginspirasi dengan hari-hari lainnya.

“Karena hari Jumat, merupakan hari yang di mulyakan oleh Allah, menginspirasi hari-hari yang lain, kalau Jumatnya bahagia, maka hari-hari yang lain bahagia, karena dalam konteks ini Jumat merupakan sayyidul ayyam jadi tuannya hari-hari,” ujar Imam.

Adapun untuk makna bahagia, lanjut kata Imam, bahwa kebahagaian sejati pada saat kita bisa berbagi atas kebahagiaan kita kepada sesama. Artinya kita bisa memasukkan nilai kebahagiaan yang merupakan suatu nikmat untuk berbagi kepada orang lain yaitu melalui kepedulian.

Baca juga  “Layar Tanjleb” di MTL Soedirman Tandai Pembukaan Festival Film Purbalingga 2022

“Ini merupakan sebuah inspirasi buat kita semua, senantiasa memiliki semangat yang disebut dengan bahagia ini. Karena agama kita sebetulnya mendidik kita untuk mendapatkan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat,” katanya.

Acara launching Jumat Bahagia juga dibalut dengan penampilan kentongan yang mengiringi senam olah raga bersama para pegawai Kankemenag Cilacap, serta menyambut bahagia kunjungan anak-anak TK setempat.

Berita Terkait

Berita Terkini