Jumat, 24 September 2021

Alhamdulillah, Aktivitas Berbagi Mewabah pada Masa Pandemi di Banyumas, Begini Salah Satunya

asn banyumas, banyumas
Salah satu ASN sedang memberikan bingkisan kepada warga. (Shandi)

Di masa pandemi, aktivitas berbagi mewabah di Banyumas. Setelah pengusaha, aktivis sosial, dan aparat hukum, kini berbagi dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas. Mereka membagikan makanan kepada masyarakat Kabupaten Banyumas.


Purwokerto, serayunews.com

Sekretaris Bidang Abdimas, Heriana Adi Candra menjelaskan, kegiatan tersebut sebenarnya sudah dilakukan hampir dua pekan terakhir sejak tanggal 17 Juli 2021. Kegiatan tersebut merupakan kepedulian kepada masyarakat serta peran aktif Pramuka Banyumas di masa Pandemi Covid-19.

“Mengingat, masih tingginya kasus corona ditambah adanya perpanjangan PPKM Darurat diperlukan kepedulian seluruh elemen masyarakat. Saat ini kami diajak bekerja sama dengan Bagian Kesra Setda Banyumas dan Tim Penggerak PKK Kabupaten untuk mendistribusikan makanan tersebut. Penanganan Covid-19 dan dampaknya tidak hanya menggantungkan pada pemerintah saja, namun kepedulian semua pihak, termasuk Pramuka,” kata dia, Rabu (28/7).

Sementara itu menurut Kabag Kesra Suwondo Geni menejelaskan, bahwa dalam kegiatan tersebut bagian Kesra Setda Banyumas mengumpulkan dan menggalang dana dari Pengurus PKK dan pejabat Banyumas mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Para Asisten dan Kepala OPD, secara bergantian.

“Kami mengkoordinir bantuan baik berupa uang maupun natura berupa makanan siap santap berupa nasi bungkus/rames yang dibeli dari pedagang yang terkena dampak PPKM Darurat, kemudian dibagikan kepada warga yang isoman dan warga yang sedang beraktivitas di jalan seperti tukang becak, tukang parkir, pedagang kaki lima dan lainnya,” kata dia.

Setiap harinya rata-rata pihaknya membagikan 200 dus makanan, dengan menyusuri jalanan Purwokerto dan sekitarnya secara bergantian. Kemudian kepada warga yang tengah isolasi mandiri yang terdaftarkan oleh pemerintah kelurahan maupun Satgas Covid-19 juga turut diberikan bantuan.

Senada juga diungkapkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyumas, Erna Husein yang mengapresiasi kegiatan ASN dan Pramuka Banyumas tersebut. Meski bantuan tersebut berupa makanan namun di tengah pandemi ini bantuan tersebut sangat berarti bagi warga terutama mereka yang menjalani isoma karena terpapar Covid-19 dan kesulitan bekerja.

“Penanganan pandemi ini tidak hanya tugas pemerintah saja. Perlu kerja sama dan kepedulian dari semua pihak. Termasuk yang dilakukan oleh pejabat dan ASN dari masing-masing dinas secara bergantian, Pramuka dan TP PKK Kabupaten Banyumas ini. Saya berharap lembaga-lembaga lain juga ikut bergerak bersama,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini