Jumat, 24 September 2021

Alhamdulillah, Banyumas Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Salah satu ibu hamil sedang di vaksin. (Shandi)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, mulai melakukan vaksinasi terhadap ibu hamil, dengan memanfaatkan sejumlah tenaga medis di masing-masing puskesmas, Senin (9/8). Langkah ini adalah bentuk percepatan vaksinasi untuk melindungi ibu hamil di masa pandemi.


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas Sadiyanto, membenarkan adanya vaksinasi tersebut, dimana vaksinasi sudah mulai berjalan sejak hari ini.

“Kalau nanti, mereka ada gejala atau yang mengarah ke Covid-19, serta pernah kontak dengan orang yang positif Covid-10, bisa di-swab antigen sekalian,” kata dia.

Dari data pihaknya, saat ini di Kabupaten Banyumas ada sekitar 6.000 ibu hamil. Pihaknya akan berusaha menyelesaikan vaksinasi secara serempak tersebut pada hari ini.

“Kalau memang tidak bisa selesai hari ini, kita akan lanjutkan besok lagi,” ujarnya.

Sementara Nursa Primiananda, Bidan Puskesmas Sokaraja 2 menjelaskan bahwa antusias ibu hamil dalam mengikuti vaksinasi cukup tinggi. Bahkan hingga beberapa jam dibuka vaksinasi, sudah ada puluhan ibu hamil yang datang dan divaksinasi.

“Mereka yang datang, alhamdulillah tidak ada gejala. Prosedurnya memang, kalau ada yang gejala harus di-swab antigen,” kata dia.

Vaksin yang digunakan masih sama, yakni Sinovac. Syarat ibu hamil yang ingin divaksin yakni usia kehamilan dari 14-33 pekan. Selain itu, ada beberapa syarat lain yang perlu dipenuhi dan bisa diketahui saat akan melakukan vaksinasi.

Berita Terkait

Berita Terkini