Senin, 4 Juli 2022

Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Cilacap Gencarkan Vaksinasi Booster

Masyarakat saat mengikuti vaksinasi di gerai Mapolsek Kroya Cilacap (Ulul Azmi)

Vaksinasi di Kabupaten Cilacap terus digencarkan. Salah satunya oleh jajaran Kepolisian Resor Cilacap. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi dosis satu hingga booster, untuk menghadapi tingginya mobilitas jelang arus mudik puasa dan lebaran Idulfitri tahun 2022 mendatang.


Cilacap, serayunews.com

Vaksinasi di Cilacap digelar setiap hari hampir di berbagai titik pelayanan kesehatan dan sejumlah gerai fasilitas pelayanan umum. Seperti kali ini Rabu (23/3), vaksinasi digelar di area Mapolsek Kroya dengan menyasar masyarakat sekitarnya.

Baca juga  Sejarawan Thomas Sutasman, Luncurkan Buku Pahlawan Nasional asal Cilacap Soekardjo Wirjopranoto¬†

Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo mengatakan, vaksinasi menyasar sekitar 1000 orang mulai dari anak-anak, lansia, dan masyarakat umum baik untuk dosis satu, dua, dan vaksin booster. Vaksinasi ini melibatkan tenaga kesehatan dari Polri, TNI, dan Puskemas.

“Ke depan akan dilakukan berkesinambungan setiap harinya, kita kejar sampai H-1 Lebaran, kita maksimalkan vaksinasi sebanyak banyaknya sehingga masyarakat Cilacap kita upayakan lengkap vaksinasinya,” ujar Wakapolres kepada wartawan.

Menurutnya, hal itu juga dilakukan sebagai upaya mempersiapkan diri menghadapi perayaan Hari Raya Idulfitri yang biasanya terjadi adanya peningkatan mobilitas masyarakat terutama pada arus mudik.

Baca juga  1440 Guru PPPK Tahap II Terima SK Bupati Cilacap, yang Belum Lolos Diminta Tidak Berpolemik

“Kita harapkan masyarakat supaya mendukung kami pemerintah dalam hal percepatan vaksinasi agar seluruh masyarakat yang belum mendapat vaksin secara lengkap, baik dosis satu, dua dan booster silahkan datang ke gerai vaksinasi yang sudah kami siapkan,” ujarnya.

Wakapolres menambahkan, secara umum, capaian vaksinasi di Kabupaten Cilacap dosis pertama mencapai 87,58 persen, dosis dua 78 persen, dan dosis tiga atau booster 5 persen.

“Kita harapkan dengan vaksinasi lengkap akan meningkatkan kekebalan kelompok untuk mengahapi arus mudik yang mobilitasnya meningkat, serta diharapkan tidak ada lonjakan Covid-19 pasca Lebaran nanti,” ujarnya.

Baca juga  Stok Minyak Goreng Curah di Cilacap Sudah Stabil, Segini Harganya

Pada kesempatan tersebut, Wakapolres, Danramil, Wakil Bupati, Kajari, dan Dinas Kesehatan Cilacap juga menyalurkan bantuan dari Kapolda Jawa Tengah yang diserahkan kepada lima penerima dari kalangan disabilitas.

Berita Terkait

Berita Terkini