Selasa, 6 Desember 2022

Awal Tahun, 20 Warga Banyumas Meninggal karena Covid-19

Penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Banyumas  pada awal Januari ini mengalami penurunan sedikit dibanding bulan Desember lalu. Meskipun begitu angka kematian masih tinggi.


Banyumas, Serayunews.com

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengatakan, selama enam hari di Januari ini, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia sudah pada kisaran 20 orang.

“Hari ini yang meninggal dunia ada 5 orang, kemarin ada 7 orang, dan sebelumnya ada 3 orang. Jadi kalau diakumulasi (dihitung sejak 1 Januari 2021, red), pada minggu pertama Januari ini sudah sekitar 20 orang yang meninggal dunia,” katanya, Selasa (5/1/2021).

Melihat masih tingginya penambahan kasus positif maupun korban meninggal dunia, Husein meminta agar masyarakat bisa bersikap realistis dengan menerima pemberian vaksin. Meskipun sejauh ini belum terlihat adanya penolakan terhadap vaksin, namun menurut Husein, ada yang menolak.

“Kalau dari pantauan di media sosial, lebih banyak yang antusias dan berharap mendapatkan vaksin. Tetapi yang menolak pasti ada, menurut perkiraan saya tidak lebih dari 15 persen,” tuturnya.

Lebih lanjut Husein mengatakan, pemberian vaksin diharapkan dapat menekan angka positif Covid-19 di Banyumas. Seluruh masyarakat sudah terdata untuk menerima vaksin. Pendataan dilakukan pemerintah pusat, sudah dalam bentuk by name by address.

“Efek pemberian vaksin ini hanya menimbulkan rasa letih, lesu dan ngantuk pada hari tersebut, namun bagi yang sehat dan fit, kemungkinan besar tidak akan ada efeknya. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, karena pemberian vaksin ini demi kesehatan mereka juga,” ucapnya. (Hermiana)

 

Berita Terpopuler

Berita Terkini