Senin, 4 Juli 2022

Banjir di Kaliori Banyumas Setinggi 50 Sentimeter

Genangan di jalan Kalioro Banyumas, Minggu (3/4/2022). Dok Polsek Kalibagor

Hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur Kabupaten Banyumas menyebabkan jalan nasional yang berada di Desa Kaliori RT 6 RW 4, Kecamatan Kalibagor banjir setinggi 50 cm. Genangan air tersebut imbas dari meluapnya Sungai Kaligebang di desa tersebut, alhasil kendaraan yang melintas di wilayah tersebut mengalami kesulitan untuk melewati genangan air, Minggu (3/4/2022).


Purwokerto, serayunews.com

Menurut keterangan Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kapolsek Kalibagor, AKP Dwi Astuti Ratna sebelum genangan air terjadi, sekitar pukul 16.00-18.00 WIB, hujan dengan intesitas yang lebat berada di Desa Kaliori. Sekitar pukul 18.00 WIB, Sungai Kaligebang mengalami peningkatan debit air, hingga naik ke jalan raya sepanjang 50 meter dengan ketinggian 50 cm.

Baca juga  Targetkan Empat Besar, Banyumas Siap Tarung di 22 Cabor pada Popda Provinsi Jateng 2022

“Memang sempat menyebabkan kemacetan arus lalu lintas. Namun, sekitar pukul 18.30 sampai dengan 18.50 WIB, luapan air telah surut seiring dengan berhentinya hujan, sehingga arus lalu lintas di Jalan Raya Kaliori normal kembali,” ujar dia.

Ratna menambahkan, dari hasil penelusuran pihaknya, kondisi seperti itu memang kerap terjadi saat musim hujan dengan intensitas yang tinggi, mengignat kondisi Kaligebang yang kurang mampu menampung air dengan debit yang tinggi.

“Kaligebang yang hanya dengan lebar 1,5 meter dengan kedalaman 2 meter sehingga tidak bisa menampung volume air ketika terjadi hujan lebat,” katanya.

Baca juga  Olahraga Beladiri Hapkido Banyumas Punya Ketua Baru

Sehingga tidak menutupi kemungkinan jika hujan dengan intensitas yang tinggi kembali melanda wilayah tersebut, akan ada genangan air susulan. Kapolsek mengimbau jika terjadi demikian, agar masyarakat lebih berhati-hati dalam bekendara.

Berita Terkait

Berita Terkini