Minggu, 5 Februari 2023

Bantu Korban Bencana hingga Operasi Mata, Ini Program PMI Cilacap Sepanjang Tahun

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap, menyalurkan bantuan permakanan bagi warga terdampak bencana banjir di Kecamatan Bantarsari, Selasa (28/6/2022) lalu. (Irfan/Serayunews)

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap telah banyak berperan membantu berbagai kendala yang dihadapi masyarakat. Kehadiran PMI meringankan korban bencana alam, juga sudah tak perlu diragukan lagi.


Cilacap, serayunews.com

Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf mengatakan, PMI telah melaksanakan berbagai program sepanjang tahun ini. Terutama membagikan bantuan sembako bagi korban bencana alam, seperti banjir hingga angin puting beliung.

“Sepanjang tahun ini, bisa dikatakan mengalami cuaca ekstrem dan membuat kita prihatin. Bencana banjir dan angin kencang, cukup sering terjadi dan kita selalu rutin memberikan bantuan sembako kepada korban bencana,” katanya kepada serayunews.com, Kamis (1/12/2022).

Ia menjelaskan, selain program bantuan sembako kepada korban bencana alam, PMI Cilacap juga melaksanakan program lain. Seperti pembagian kacamata gratis untuk ratusan siswa SD di Kecamatan Karangpucung, serta program operasi katarak gratis bagi 117 warga kurang mampu yang dilaksanakan di RSUD Cilacap.

“Selain program tersebut, kami juga ada pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) di semua jenjang, karena itu juga tidak kalah penting. Karena kegiatan kepalangmerahan, harus berkesinambungan,” tuturnya.

Terkait anggaran yang digunakan oleh PMI, bersumber dari pengumpulan sumbangan Bulan Dana PMI. Adapun untuk tahun ini, terkumpul sebanyak Rp3,1 miliar yang akan disisihkan 10 persen untuk dana abadi.

“Program-program itu bisa berjalan dari dana PMI. Kalau dana abadi itu, untuk semacam jaga-jaga, seperti waktu covid kemarin kan tidak bisa melaksanakan pengumpulan dana, jadi diambilkan dari dana abadi,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini