Selasa, 28 September 2021

Banyumas Punya Tempat Isolasi Terpusat Ibu Hamil, Dipuji Tim Satgas Covid-19 Pusat

Tim Satgas Covid -19 Pusat saat berkunjung ke Banyumas, Kamis (19/8). (dok istimewa)

Kabupaten Banyumas memiliki tempat isolasi terpusat bagi ibu hamil yang terpapar Covid-19. Hal tersebut mendapat apresiasi dari tim Satgas Covid-19  pusat.


Banyumas, serayunews.com

Ketua Tim Satgas Covid-19 pusat, Brigjen TNI AD Iwan Ma’ruf Zainuddin saat berkunjung ke Banyumas mengatakan, ia baru menemukan ada isolasi terpusat khusus untuk ibu hamil di Kabupaten Banyumas. Hal tersebut menunjukkan bahwa Pemkab Banyumas memiliki perhatian sangat serius terhadap kesehatan ibu hamil.

“Dari berkeliling ke berbagai daerah, baru di Banyumas saya menemukan ada tempat isolasi khusus untuk ibu hamil. Ini sangat bagus dan menunjukkan perhatian pemkab kepada ibu hamil yang terpapar Covid-19, sebab mereka memang dalam kondisi khusus yang harus mendapat perhatian khusus pula,” katanya, Kamis (19/8).

Isolasi terpusat untuk ibu hamil ini ditempatkan di Hotel Tiara. Menurut Bidan Heny yang menangani isolasi terpusat ibu hamil, saat ini ada 18 ibu hamil yang sedang menjalani isolasi terpusat dan tiga di antaranya sudah diperbolehkan pulang hari ini.

 Sementara itu, dalam kujungan ke Banyumas, tim pakar pendamping Satgas Covid-19 tingkat pusat ini melihat perkembangan situasi dan rencana strategis penanganan pandemi di Kabupaten Banyumas.  Kunjungan diawali pertemuan dengan Formkompimda Kabupaten Banyumas untuk mendapatkan gambaran dari Pimpinan Daerah selaku Satgas Covid-19, mengenai situasi aktual pandemi, strategi dan inovasi satgas Banyumas serta permasalahan dan rencana aksi.

Satgas Covid-19 pusat juga mengunjungi beberapa titik antara lain posko satgas tingkat kelurahan di Keluarahan Sokanegara, Kecamatan PurwokertoTimur, pusat isolasi terpusat  ibu hamil, Puskemas Kalibagor dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas. Rencananya tim ini akan berada di Banyumas selama tiga hari, untuk melihat penanganan Covid-19 di beberapa lokasi lain.

Berita Terkait

Berita Terkini