Sabtu, 31 Juli 2021

Belanda Pasti Juara Grup, Masedonia Utara Dipastikan Tereliminasi

Gambar dari wikipedia

Belanda dipastikan juara grup C Euro 2020 setelah mengalahkan Austria 2-0. Hasil laga itu juga memastikan Masedonia Utara sebagai tim pertama yang tereliminasi di Euro kali ini.


Amsterdam, Serayunews.com

Belanda mampu mengalahkan Austra 2-0, Jumat (18/6/2021). Gol Belanda dibuat Memphis Depay menit 11 dan Dumfries menit 62. Kemenangan ini membuat Belanda memiliki enam poin dari dua pertandingan.

Belanda memang menyisakan satu laga melawan Masedonia Utara. Namun, apapun hasil pertandingannya, Belanda akan juara grup. Sebab jika Austria atau Ukraina menyamai nilai Belanda, Belanda tetap juara grup karena unggul head to head.

Jika Belanda dipastikan juara grup, maka Masedonia Utara dipastikan tereliminasi. Masedonia Utara sudah menelan dua kekalahan dalam dua laga.

Jika di laga pamungkas melawan Belanda, Masedonia Utara menang dengan skor sangat besar, tetap tak akan menolong. Sebab, Masedonia Utara kalah head to head dari Ukraina dan Austria.

Sekadar diketahui, Euro memiliki aturan pemeringkatan yang berbeda dengan FIFA. Di Euro, jika ada dua tim memiliki nilai sama, maka penentu pertama siapa yang berhak di atas adalah head to head. Jika head to head sama, baru ditentukan oleh produktivitas.

Contohnya, jika di grup C Euro kali ini Belanda kalah lawan Masedonia Utara, Belanda tetap memiliki enam poin. Di sisi lain jika Ukraina mengalahkan Austria di laga terakhir, maka Ukraina akan memiliki enam poin.

Jika Belanda dan Ukraina memiliki enam poin, siapa yang berhak di posisi atas? Tentu saja Belanda. Sebab saat laga Belanda vs Ukraina, Belandalah yang menang. Artinya Belanda unggul head to head atas Ukraina.

Jika di FIFA misalnya di ajang Piala Dunia, penentuan pertama jika ada dua tim memiliki nilai sama adalah produktivitas gol. Produktivitas itu adalah akumulasi produktivitas tim di semua laga yang telah dilakoni.

Berita Terkait

Berita Terkini