Jumat, 9 Desember 2022

Berikut Daftar 23 Partai Politik di Cilacap yang Akan Kembali Diverifikasi oleh KPU

 

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Cilacap Weweng Maretno saat menunjukkan daftar partai politik peserta Pemilu Legislatif tahun 1971-2014 di ruang Rumah Pintar Pemilu KPU Cilacap, Kamis (29/9/2022). (Ulul Azmi/ Serayunews).

Setelah melalui tahap verifikasi administrasi (vermin) pada keanggotaan partai politik peserta Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap akan kembali melakukan verifikasi administrasi perbaikan terhadap 23 partai politik yang terdaftar di Cilacap.


Cilacap, serayunews.com

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Cilacap Weweng Maretno mengatakan, sesuai dengan tahapannya, verifikasi administrasi perbaikan data keanggotaan partai politik di Kabupaten Cilacap akan kembali di vermin mulai tanggal 1-9 Oktober 2022.

Adapun sesuai dengan data sistem informasi partai politik (Sipol) di Kabupaten Cilacap, sementara ini baru terdapat 23 partai politik dari 24 partai politik di tingkat nasional, sebab ada satu partai yang belum terdaftar di Cilacap.

“Dari 24 partai tingkat nasional, yang tidak ada di Cilacap Partai Prima. Dan dari 23 partai yang ada di Cilacap, ada yang belum jelas kepengurusannya ada dimana, hingga saat ini yaitu Partai Republik Satu,” ujar Weweng saat dikonfirmasi, Kamis (29/9/2022).

Sementara dari 23 partai politik itu yakni, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Ummat, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo). Lalu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Republiku Indonesia (Partai Republiku), Partai Republik Satu, Partai Republik. Kamudian, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Kemudian, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Lalu, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia).

Selanjutnya, Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan). Kemudian, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Partai Baru

Weweng menambahkan, sebagaimana pasal 35 PKPU, bahwa KPU Kabupaten memiliki tugas memverifikasi keanggotaan partai politik. Selain itu, serta memverifikasi secara faktual kepengurusan dan keanggotaan partai baru.

“Tetunya terhadap partai baru dan bukan partai politik peserta Pemilu 2019. Terhadap partai politik atau saya mengistilahkan partai parlemen, ada 9 partai politik. Kalau memang sudah memenuhi syarat dalam vermin administrasi berarti tinggal menunggu pentapan saja,” tandasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini