Jumat, 2 Desember 2022

Bersiap Hadapi Resesi, Pemkab Cilacap Perkuat UMKM

Program penguatan UMKM dari Pemkab Cilacap, berbentuk bantuan tenda dan gerobak pedagang yang diterima oleh pelaku UMKM setiap tahunnya. (Irfan/Serayunews)

Dalam rangka bersiap menghadapi ancaman resesi ekonomi global, Pemkab Cilacap melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM), terus mengembangkan berbagai program yang bertujuan untuk memperkuat UMKM.


Cilacap, serayunews.com

Gagasan tersebut, disampaikan Kepala DPKUKM Cilacap, Umar said, Selasa (22/11/2022). Menurutnya, program penguatan UMKM sudah banyak dilakukan, bahkan saat ini sedang digiatkan pelatihan digital marketing di setiap kecamatan.

“Selain itu, kita juga adakan pelatihan berskala besar di Plut UMKM kabupaten,” kata Umar.

Selain program pelatihan digital marketing, dinas juga memiliki program pembagian tenda dan gerobak bagi para pedagang di desa-desa. Belum lagi, pemerintah juga melakukan penguatan kelembagaan melalui asosiasi UMKM secara terpadu, sehingga produk UMKM dapat lebih mudah dipasarkan.

“UMKM ini sebagai salah satu penyangga ekonomi, utamanya ekonomi kerakyatan. Kita belajar dari pendemi kemarin, sektor UMKM jangan sampai terpuruk lagi,” tuturnya.

Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar mengatakan, dia akan berupaya menambah program guna pengembangan UMKM. Terutamanya program-program yang sudah tercantum di APBD tahun depan. Apalagi semangat penguatan UMKM, merupakan program nasional yang daerah wajib melaksanakannya.

“Iya, menghadapi ancaman resesi ekonomi global kita kuatkan UMKM. Selain program yang sudah berjalan, nanti kita dorong dinas terkait untuk menambah upaya lain, bisa juga meminta kontribusi dari BUMD dan BUMN,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini