Sabtu, 13 Agustus 2022

Bos Rita Supermall Purwokerto Gelontorkan Dana Perbaikan Museum Soedirman Purbalingga

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) bersama Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, Dandim 0702 Purbalingg Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol dan Pemilik Rita Mall, Buntoro, melakukan pertemuan membahas rencana perbaikan MTL Soedirman. (Joko Santoso)

Rencana perbaikan Monumen Tempat Lahir (MTL) Soedirman yang ada di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga akhirnya terealisir. Mulai awal pekan depan rumah kelahiran pahlawan kemerdekaan Indonesia tersebut akan makin cantik dan tertata. Anggaran berasal dari bos Rita Supermall Purwokerto Buntoro.


Purbalingga, serayunews.com

“Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77, MTL Soedirman yang merupakan rumah tempat lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman akan ada perbaikan dan dipercantik. Kami berterima kasih karena ada yang siap memberikan dukungan dana CSR, yaitu dari pak Buntoro selaku pemilik Rita Supermall Purwokerto,” kata Plt Direktur Obyek Wisata Bojongsari (Owabong) Purbalingga Eko Susilo, kepada serayunes.com, Jumat (28/7/2022).

Baca juga  Antisipasi Kecelakaan di Jam Rawan, Ini yang Dilakukan Satlantas Polres Purbalingga

Ia mengatakan, pihaknya telah membentuk panitia perbaikan MTL Soedirman yang dipimpin langsung oleh Buntoro. Perbaikan MTL meliputi, perbaikan langit-langit, perapian pedestrian, pengecatan tembok, pagar dan atap, perbaikan keramik, perbaikan toilet serta sarana lainnya.

“Perbaikan targetnya selesai sebelum 17 Agustus 2022. Karena rencananya MTL Soedirman akan jadi lokasi upacara peringatan HUT RI ke 77 tingkat Kabupaten Purbalingga,” ungkapnya.

Eko menyebutkan pihaknya sudah bertemu dengan Komandan Korem (Danrem) 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0702/Purbalingga, Letkol Inf Dipo Sabungan Lumban Gaol dan Pemilik Rita Mall, Buntoro, di kawasan MTL pada Kamis (28/7/2022). Mereka mengecek langsung kondisi MTL Soedirman.

Baca juga  Ketua DPC PKB Purbalingga Bantah Anggota Fraksinya Boikot Pembahasan KUA PPAS 

“Semoga perbaikan bisa berjalan lancar,” ujar Eko.

MTL Soedirman merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di bawah naungan Perumda Owabong. Sehari sebelumnya Danrem, Dandim dan Buntoro juga telah bertemu dengan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) untuk membahas revitalisasi MTL Soedirman. Bupati Tiwi menyambut baik dan mendukung gagasan revitalisasi MTL Jenderal Soedirman. Hal ini juga sebagai upaya untuk melestarikan tempat lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman di Purbalingga.

“Kami sangat merespons baik kerjasama ini dari Pak Danrem 071/Wijayakusuma, Pak Dandim 0702/Purbalingga dan juga Pak Buntoro, Pemkab Purbalingga siap mendukung revitalisasi MTL Jenderal Soedirman,” kata Bupati Tiwi.

Perlu Revitalisasi

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga mengatakan MTL Jenderal Soedirman perlu revitalisasi. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengangkat profil Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai pahlawan yang lahir di Kabupaten Purbalingga.

Baca juga  Jualan Pakaian di Purbalingga, Dua Warga Sumatera Ini Malah Ditangkap Polisi Karena Beli Pil Koplo

“Selain itu, juga sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Karena kita ketahui bersama, Jenderal Soedirman ini merupakan salah satu pahlawan nasional,” ujar Danrem.

Danrem menjelaskan kerjasama untuk merevitalisasi MTL Jenderal Soedirman menggandeng pemilik dari Rita Mall.

“Sehingga ada tiga pilar, bagian pertama dari Pemkab Purbalingga, Korem 071/Wijayakusuma dengan bantuan Kodim 0702/Purbalingga kemudian yang terpenting bantuan Pak Buntoro dari Rita Mall,” ungkapnya.

Selain membahas terkait dengan revitalisasi MTL Jenderal Soedirman, juga ada pembicaraan terkait Festival Jenderal Soedirman. Festival Soedirman akan menjadi salah satu agenda besar di Bulan Agustus 2022 di Purbalingga. Dalam festival tersebut rencananya akan ada Kirab Soedirman dari MTL Jenderal Soedirman menuju Alun-Alun Purbalingga.

Berita Terkait

Berita Terkini