Selasa, 28 September 2021

Bupati Ancam Tutup Rumah Sakit di Cilacap  yang Tidak Mau Menambah Tempat Tidur Pasien Covid

tempat tidur pasien covid-19, ketersediaan tempat tidur pasien covid-19 di cilacap, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini, cilacap, rumah sakit cilacap
Bupati Tatto Suwarto Pamuji pimpin rakor evaluasi PPKM Darurat bersama Pejabat Forkopimda Cilacap. (Ulul Azmie)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengancam akan menutup rumah sakit swasta yang tidak mau menambah tempat tidur untuk menangani pasien Covid-19. Sebab tempat tidur di sebelas rumah sakit rujukan yang ada saat ini semakin menipis dan mulai penuh akibat kasus Covid yang meningkat.


Cilacap, serayunews.com

Hal itu disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam rapat evaluasi PPKM Darurat. Menurutnya kondisi darurat saat ini perlu dilakukan tindakan penanganan segera. Mengingat angka kematian dan penambahan kasus Covid di Cilacap terus alami peningkatan.

“Saya minta tolong kepada rumah sakit swasta, saya sebagai Ketua Satgas Covid minta tolong kepada rumah sakit swasta ikut sukseskan PPKM Darurat ini, untuk ikut menyelamatkan saudara kita, maka kalau ada rumah sakit suruh nambah (tempat tidur) tidak mau, ya saya cabut saja (perijinanannya),” ujar Bupati Tatto usai mengelar rapat koordinasi evaluasi PPKM Darurat bersama pejabat Forkopimda di Ruang Prasanda Cilacap, Senin (12/07).

Bupati menambahkan, bahwa kondisi darurat saat ini diperlukan kerjasama seluruh pihak. Menurutnya rumah sakit tidak hanya memperhatikan faktor pendapatan saja, melainkan utamakan keselamatan masyarakat khususnya yang sedang membutuhkan akibat terpapar Covid-19.

“Masyarakat sangat membutuhkan, kita semua sudah bekerja. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada rumah sakit swasta yang peduli terhadap keselamatan masyarakat Cilacap,” ujar Bupati.

Dalam rapat koordinasi evaluasi PPKM Darurat tersebut dibahas  sejumlah poin seperti pengendalian kasus Covid, ketersediaan oksigen, ketersediaan tempat tidur, pengetatan wilayah perbatasan dan perkotaan, operasi yustisi, cakupan vaksinasi, hingga penambahan ruang isolasi di desa dan kecamatan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Cilacap, ketersediaan tempat tidur saat ini, dari jumlah 494 tempat tidur di 11 rumah sakit rujukan sudah terisi sebanyak 421 untuk ruang isolasi, sedangkan dari 26 tempat tidur ICU sudah terisi 20.

Sementara untuk kasus Covid-19 hingga Minggu (12/07) tercatat sebanyak 19.818 kasus, dengan rincian 3.038 kasus aktif, 15.811 sembuh dan 969 meninggal dunia.

Baca juga Polresta Banyumas Banjir Pujian, Ada Apa?

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini