Sabtu, 2 Juli 2022

Calon Haji Asal Purbalingga, Mulai Diberangkatkan Pekan Depan

Keberangkatan calon haji Purbalingga
Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Purbalingga memimpin Rakor Persiapan Pemberangkatan Calhaj

Ratusan jemaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Purbalingga, akan berangkat pada Jumat (01/07/2022) mendatang. Keberangkatan dari Purbalingga menuju Asrama Haji Donohudan dengan pengawalan kepolisian, Dishub, dan Satpol PP Purbalingga.


Purbalingga, serayunews.com

Jemaah calon haji asal Kabupaten Purbalingga yang berangkat tahun 2022, sebanyak 247 orang. Jumlah itu terbagi menjadi dua kelompok terbang (Kloter). Pemberangkatan ke Asrama Haji Donohudan mulai, Jumat (01/07/2022).

Kepala seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Purbalingga, Khamimah menyampaikan, kloter 42 berjumlah 208 jemaah. Sedangkan kloter 43, berjumlah 39 jemaah. Kloter 43, nantinya akan bergabung dengan jemaah dengan kabupaten lain.

Baca juga  Membumikan Pancasila kepada Generasi Muda, Tiwi Gelar "Bulan Pancasila"

“Terbagi menjadi kloter 42 dan kloter 43. Kloter 42 berangkat tanggal 1 Juli jam 07.00 wib, dan kloter 43 berangkat tanggal 2 Juli pukul 00.00 wib,” katanya.

Sampai saat ini, lanjut Khamimah, persiapan berjalan lancar. Termasuk kondisi calon jemaah yang akan berangkat dalam kondisi sehat. Sehingga, tidak ada calhaj yang batal atau mengalami penundaan keberangkatannya.

“Laporan gagal berangkat sampai dengan hari ini belum ada,” ujarnya.

Sebelum keberangkatan, akan ada upacara pelepasan oleh Pemkab Purbalingga. Rencananya akan berlangsung di Pendapa Dipokusumo, pada Senin (27/06/2022).

Baca juga  Jalur Maut Bayeman Purbalingga, Belum Sampai Setahun Sudah Terjadi 5 Kali Kecelakaan

“Kemudian Tanggal 28 akan ada tes PCR, sebelum berangkat,” katanya.

Hadir dalam pelepasan haji itu adalah Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, Komisi C, Kementerian Agama Purbalingga, dan beberapa lembaga terkait. Rombongan akan mendapatkan pengawalan kepolisian, Dinhub dan Satpol PP, selain itu juga nantinya ada petugas kesehatan dari PMI dan Dinas Kesehatan Purbalingga.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesra, R. Imam Wahyudi mengimbau, para petugas haji daerah (TPHD), untuk selalu mengutamakan pelayanan kepada para jama’ah. Di lokasi kemungkinan akan menemui berbagai permasalahan. Terutama terkait kesehatan jemaah, pelaksanaan ibadah jemaah dan lain sebaginya.

Baca juga  Pembangunan GOR Indoor Dilanjutkan, Pelaksana Proyek Diultimatum

“Untuk itu butuh kesabaran yang ekstra guna melayani para jemaah. Ibarat sebagai TPHD adalah bertugas sambil ibadah. Harapannya semua jemaah haji mendapatkan keselamatan dan Kesehatan dalam melaksanakan hajinya,” kata imam, saat rapat rapat koordinasi persiapan keberangkatan haji Purbalingga tahun 2022, Kamis (23/6/2022).

Berita Terkait

Berita Terkini