Operasi Zebra Candi 2023 Cilacap Digelar Dua Pekan
Cilacap

Catat, Operasi Zebra Candi 2023 Cilacap Digelar Dua Pekan

Bagikan:
operasi zebra candi 2023
Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2023 Polresta Cilacap di Alun-alun Kabupaten Cilacap, Senin (4/9/2023) (Ulul Azmi).

SERAYUNEWS– Polresta Cilacap menggelar Operasi Zebra Candi 2023 mulai tanggal 4 – 17 September 2023. Operasi selama dua pekan ini melibatkan sejumlah personel kepolisian fokus pada penegakan hukum pelanggaran, untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Pembukaan Operasi Zebra Candi 2023 di Cilacap dengan Apel Gelar Pasukan. Hadir dalam apel yakni Forkopimda Cilacap dan melibatkan ratusan personel gabungan TNI/Polri dan Pemkab Cilacap. Apel berlangsung di Alun-alun Kabupaten Cilacap, Senin (4/9/2023).

Wakapolresta Cilacap  AKBP Dr Arief Fajar Satria memberikan penjelasannya. Dia mengatakan, apel gelar pasukan ini untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya dalam rangka Ops Zebra Candi tahun 2023. Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran.

Baca juga  Sorakan Warga Warnai Rekonstruksi Pembunuhan Wanita dalam Septic Tank di Gandrungmangu Cilacap

Operasi Zebra Candi 2023 mengusung tema “Kamsetibcar Lantas yang Tertib Menuju Pemilu Damai 2024”. Operasi ini menerapkan dalam tiga hal yaitu preventif, preemtif dan penegakan hukum (Gakkum).

Untuk penegakan hukumnya, operasi ini juga menyasar pelanggaran lalu lintas kasat mata seperti tidak memakai helm, knalpot brong, serta pelanggaran kasat mata lainnya. Penindakan hukum pelanggar lalu lintas dengan Electronic Traffic Law Envorcement (ETLE) dan tilang non ELTE (manual).

“Operasi Zebra Candi tahun ini akan fokus pada penegakan aturan lalu lintas, pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan, dan penindakan terhadap pengemudi yang melanggar hukum. Polisi juga akan mengintensifkan patroli di titik-titik rawan kecelakaan serta memberikan edukasi kepada pengguna jalan,” ujarnya.

Baca juga  Sehari Dua Lahan Kebakaran di Cilacap, Pemicunya Pembakaran Sampah Sembarangan
Tekan Kecelakaan

Adapun data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi Tahun 2022 di tingkat Polda Jawa Tengah sejumlah 720 kejadian, jumlah itu mengalami kenaikan sebanyak 132 kejadian atau 22% daripada periode sebelumnya tahun 2021 sejumlah 588 kejadian.

Untuk jumlah korban meninggal dunia Operasi Zebra Candi tahun 2022 sebanyak 33 orang, mengalami penurunan sejumlah 5 orang atau -13% daripada periode yang sebelumya di tahun 2021 sejumlah 38 orang.

“Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2022 sejumlah 234.408 pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 177.837 lembar dan teguran sejumlah 56.571 lembar,” jelasnya.

Baca juga  Berkat TMMD, Jalan Desa Caruy Cipari Akan Dibeton Sepanjang 850 Meter

Wakpolresta Cilacap berharap operasi ini bisa menkan tingkat kecelakaan lalu lintas. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap aturan berlalu lintas semakin meningkat.

“Operasi Zebra Candi 2023 harapannya dapat menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan nyaman di wilayah Cilacap. Polresta Cilacap juga mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dengan mematuhi aturan berlalu lintas. Lalu, menjaga keselamatan diri dan orang lain saat berada di jalan raya,” tandasnya.

Editor: Kholil Rokhman

Terkini