Minggu, 27 November 2022

Cilacap Sabet Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman (kanan) menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga, di Hotel Novotel Bogor, Jumat (22/7/2022). (Dok Pemkab Cilacap)

Kabupaten Cilacap menahbiskan diri sebagai kabupaten yang layak anak. Maka, kabupaten Cilacap kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya Tahun 2022. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga dan diterima Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, di Hotel Novotel Bogor, Jumat (22/7/2022).


Bogor, serayunews.com

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada daerah-daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pemenuhan hak-hak serta perlindungan anak. Penghargaan dengan predikat serupa, sebelumnya juga diraih pada 2021. Tahun ini, Kabupaten Cilacap berhasil mempertahankan dan mendapat penghargaan dari Kementerian PPPA bersama 321 kabupaten/kota di Indonesia.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Cilacap senantiasa berupaya mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan media yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan. Baik dalam kebijakan, program, dan kegiatan untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di Kabupaten Cilacap.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap, khususnya Dinas KBPPPA untuk benar-benar mengimplementasikan penghargaan ini dengan memberikan fasilitasi dan kelayakan terhadap kehidupan anak,” kata Syamsul, dikutip dalam pernyataan resminya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menjelaskan ada lima peringkat dalam penghargaan KLA. Yakni Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA. Namun sejak 2006 hingga 2022, belum ada satupun provinsi maupun kabupaten/kota yang berhasil meraih predikat tertinggi, yakni KLA. Beberapa kota besar yang berhasil mendapat predikat Utama yakni Kota Jakarta Timur, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta, dan Denpasar.

Berita Terpopuler

Berita Terkini