Kamis, 6 Oktober 2022

Dapat Tambahan 2000 Vaksin, Satgas OAN II Gencarkan Operasi PMK di Cilacap, Ini Hasilnya

Satgas saat memeriksa kendaraan pengangkut sapi yang melintas di Cilacap, Rabu (20/7/2022). (Dok Humas Polres Cilacap).

Satgas Operasi Aman Nusa II Polres Cilacap terus gencarkan operasi pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Cilacap. Tak hanya melakukan penyekatan di perbatasan, Satgas juga melakukan penyemprotan disinfektak hingga vaksinasi. Bahkan Cilacap dapat tambahan 2000 dosis vaksin PMK.


Cilacap, serayunews.com

Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro melalui Kasi Humas IPTU Gatot Tri Hartanto menyampaikan, bahwa Satgas gencarkan operasi PMK bekerjasama dengan Dinas Pertanian Cilacap.

Adapun sejumlah kegiatan operasi pencegahan PMK yang masih gencar di antaranya penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan hewan ternak di kandang.

“Dan juga penyekatan dan pemeriksaan mobilitas hewan di pos-pos perbatasan kabupaten Cilacap seperti Pos PMK Sampang, Wanareja, dan Patimuan serta menggenjot percepatan vaksinasi PMK untuk mencegah wabah semakin meluas,” ujar IPTU Gatot, Rabu (20/7/2022).

Gatot mengatakan, Cilacap mendapatkan tambahan vaksin PMK sebanyak 2000 dosis dari Dinas Peternakan Provinsi jateng yang saat ini sedang proses pengambilan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap bahwa Kabupaten Cilacap mendapatkan tambahan 2000 dosis vaksin PMK yang saat ini sedang proses pengambilan di Provinsi Jateng,” ujar Gatot.

Satgas saat melakukan penyemprotan di kandang ternak, Rabu (20/7/2022). (Dok Humas Polres Cilacap).

Sebelumnya, Kabupaten Cilacap telah menghabiskan sebanyak 5000 dosis vaksin tahap 1. Dalam pemberian vaksin itu sudah terinput di Aplikasi ISIKHNAS, bahkan mendapatkan rangking 3 se-Jawa Tengah dalam kegiatan vaksinasi hewan ternak.

Berita Terpopuler

Berita Terkini