Kamis, 7 Juli 2022

Digawangi Pejabat dan Pengusaha, Ini Kiprah Yayasan Serulingmas di Banyumas Raya

Caption Foto : Ketua Umum Yayasan Serulingmas, Wisnu Suhardono. (Foto : Hermiana E.Effendi)

Yayasan Serulingmas yang merupakan perkumpulan orang-orang asli Banyumas yang hidup di perantauan, sejak berdiri 30 tahun lalu. Yayasan ini sudah banyak memberikan kontribusi ke daerah Banyumas Raya.


Purwokerto, Serayunews.com

Ketua Umum Yayasan Serulingmas, Wisnu Suhardono mengatakan, semangat yang ingin ditebarkan oleh Serulingmas adalah berbagi dan menebar kebaikan serta memberikan manfaat kepada masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

Banyak hal yang sudah dilakukan Serulingmas, di Kabupaten Banyumas misalnya, yayasan ini membangun monumen Sudirman yang sekarang menjadi Taman Hiburan Rakyat (THR) Pangsar Sudirman. Setelah selesai dibangun monumen tersebut diserahkan kepada pemkab sampai sekarang menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Baca juga  Wow! Empat Pecatur Level Internasional Bertarung di Atas Kereta Api Kamandaka

Hal yang sama juga dilakukan Serulingmas di Kabupaten Banjarnegara, yaitu dengan membangun Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS). Tempat wisata yang juga menjadi sumber PAD Kabupaten Banjarnegara tersebut diresmikan pada tahun 1997 oleh Ketua Yayasan Serulingmas pada saat itu, Jend  TNI (Purn) Soesilo Soedarman.

“Jadi kita bangunkan kemudian kita hibahkan kepada pemkab setempat untuk dikelola dengan baik. Dana untuk pembangunan berasal dari donasi para anggota, kita punya banyak anggota dan banyak pula yang pernah menjabat sebagai menteri, petinggi TNI, Polri serta para pengusaha sukses,” kata Wisnu, Senin (25/4/2022).

Baca juga  Ramai Eks Orang dengan Gangguan Jiwa Jualan Produk UMKM

Tak hanya di bidang pariwisata, Yayasan Serulingmas juga turut berperan dalam bidang pendidikan dengan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) di Maos, Kabupaten Cilacap.

Menurut Wisnu, pada saat itu pihaknya melihat sekolah tinggi di bidang kesehatan masih sedikit, sehingga Serulingmas tergerak untuk membangun STIKES, guna mencetak tenaga-tenaga kesehatan yang andal. Dalam perkembangannya sekolah tinggi ini kini sudah memiliki banyak mahasiswa serta selalu rutin menggelontorkan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu.

“Kalau untuk sekolah tinggi, pengelolaannya kita serahkan kepada pihak ketiga, jadi dari yayasan hanya memantau saja,” jelasnya.

Baca juga  Olahraga Beladiri Hapkido Banyumas Punya Ketua Baru

Kepengurusan Yayasan Serulingmas saat ini sudah terbentuk di berbagai provinsi yang tersebar di Indonesia dan juga pada beberapa negara lain. Kiprah yayasan yang digawangi para mantan pejabat serta pengusaha sukses ini patut diacungi jempol, karena di tengah kesuksesan, mereka tetap ingat kepada daerah asal dan terus berbuat untuk membantu masyarakat. Seperti saat pandemi Covid-19 lalu, Serulingmas juga mengirimkan banyak bantuan ke Banyumas, mulai dari APD untuk para tenaga kesehatan, peti jenazah hingga donasi sembako dan lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini