Jumat, 21 Januari 2022

Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung Dua Desa di Purbalingga Putus

Jembatan yang menghubungkan Desa Maribaya dan Desa Ardiarsa di Kecamatan Karanganyar, Purbalingga, putus karena diterjang banjir, Sabtu (1/1/2022) sore. (Foto :Dok BPBD Purbalingga)

Dua jembatan yang menghubungkan dua desa, masing-masing Desa Maribaya dan Desa Ardiarsa putus karena diterjang banjir, Sabtu (1/1/2022) sore. Musibah tersebut terjadi akibat meluapnya Sungai Kuning yang berada dibawah jembatan tersebut.


Purbalingga, serayunews.com

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun putusnya jembatan membuat akses jalan di dua desa itu juga terhambat,” kata Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Umar Fauzi didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik Muhsoni, Minggu (2/1/2022).

Baca juga  Pekan Pertama Tahun 2022, Demam Berdarah Sudah Serang Penaruban Kaligondang Purbalingga

Menurut informasi, Sungai Kuning meluap akibat hujan deras yang turun sepanjang hari.  Putusnya jembatan tersebut membuat tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.  Selain jembatan putus, banjir juga menyebabkan tanggul pengaman di jalan Desa Maribaya dan Desa Krangean di Kecamatan Karanganyar ambrol.’ Untuk sementara guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lokasi ini ditutup dan arus lalu lintas dialihkan melalui jalur yang lain,” jelasnya.

Sementara itu hujan deras juga menyebabkan terjadinya tanah longsor di wilayah Kecamatan Karangjambu. Data dari BPBD Purbalingga menyebutkan longsor menyebabkan rumah Syarif  di RT 07/03 Desa Jingkang rusak di bagian dapur. Longsor juga menutup jalan di RT 03/RW 04  Desa Jingkang. “Satu rumah di desa yang sama juga terancam longsor. Kami sudah mengimbau agar pemilik rumah mengungsi,” imbuhnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini