Kamis, 11 Agustus 2022

Dua Nelayan Terjatuh dari Kapal di Pantai Logending Kebumen, Satu Hilang

Evakuasi nelayan tenggelam
Tim SAR Gabungan saat pencarian korban tenggelam di Pantai Logending Kebumen (Dok Basarnas Cilacap).

Dua orang nelayan terjatuh dari kapal di sekitar break water Pantai Logending Kabupaten Kebumen. Dari dua korban yang terjatuh, satu selamat dan satu korban hilang tenggelam. Korban terjatuh saat kapal kena ombak, ketika hendak menuju tempat pelelangan ikan (TPI).


Kebumen, serayunews.com

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap Adah Sudarsa mengatakan, bahwa peristiwa itu terjadi pada Selasa malam (5/7) sekira pukul 21.30 WIB.

Baca juga  Setelah 4 Jam Berjibaku, Kebakaran Pabrik Kayu di Ajibarang Banyumas Berhasil Dipadamkan

Saat itu, kejadian bermula ketika usai menangkap ikan, Kapal Taruna Laut hendak menuju TPI Pantai Logending. Namun nahas ombak besar menghantam kapal dan membuat dua korban terjatuh. Satu korban bisa selamat namun satu lainnya hilang tenggelam.

Adapun dalam pencarian, Basarnas Cilacap menerjunkan satu regu ke lokasi kejadian untuk mengelar operasi SAR dengan perlengkapannya. Pencarian korban dibagi dalam tiga SRU (tim).

Untuk SRU 1 melakukan penyisiran permukaan air di sekitar lokasi kejadian menggunakan rubber boat dan jukung sejauh 2 nautical miles. Kemudian SRU 2 melakukan penyisiran darat sejauh 1 kilometer ke arah timur dari lokasi kejadian.

Baca juga  Ganjar Pimpin Penanaman 3.500 Bibit Mangrove dan Cemara Laut

Sedangkan SRU 3 melakukan penyisiran darat sejauh 1 kilometer ke arah barat dari lokasi kejadian.

“Korban yang sedang dalam pencarian bernama Turiman, laki-laki berumur 49 tahun asal Dukuh Banyeman RT01 RW03 Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen,” ujar Adah Sudarsa dalam keterangannya, Rabu (6/7).

Alut untuk pencarian antara lain 1 unit rescue car type 2, 1 unit rescue car vehicle, 1 set rubber boat, 1 set aquaeye, 1 set underwater searching device, 4 set alkom lengkap, APD Covid-19, dan alduk SAR air lengkap.

“Dan sampai Rabu sore pukul 17.00 WIB hasil pencarian nihil. Pencarian akan berlanjut kembali pada Kamis (7/7) pagi,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini