Selasa, 24 Mei 2022

Permintaan Evakuasi Hewan Liar Meningkat, Ini yang Dilakukan Damkar Cilacap

Petugas Damkar Cilacap lakukan evakuasi ular jali di rumah warga Desa Sirau (dok istimewa)

Tak hanya bertugas mengatasi kebakaran saja, ternyata petugas Pemadam Kebakaran (Damkar)  juga diperbantukan dalam penanganan hewan liar seperti ular dan tawon yang membahayakan. Petugas Damkar akan merespon cepat laporan masyarakat untuk evakuasi gangguan hewan liar itu, karena akhir-akhir ini permintaan meningkat.


Cilacap, serayunews.com

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi menyampaikan, pihaknya segera menindaklanjuti laporan masyarakat yang membutuhkan bantuan evakuasi penanganan hewan liar. Bahkan menurutnya, pengurusan laporan juga mudah, yakni warga cukup menghubungi nomor layanan Damkar Cilacap atau Pos Damkar terdekat, sehingga petugas langsung merespon dengan cepat.

Baca juga  Hebat, Cilacap Raih WTP ke Enam Kali Beruntun dari BPK

“Untuk pelayanan evakuasi (hewan liar berbahaya) tidak banyak birokrasi, mereka tinggal menghubungi dan kita langsung meluncur,” ujar Supriyadi saat dikonfirmasi, Rabu (19/05).

Ia menambahkan, bahwa penanganan hewan liar seperti ular diperlukan kecepatan waktu pengananan, agar dapat diketahui sarang dan pergerakan hewan tersebut sehingga dapat dievakuasi dengan cepat agar tidak membahayakan orang di sekitar.

“Hari ini kita evakuasi ular jali, di daerah perbatasan Cilacap, Desa Sirau Banyumas, meski tidak berbisa namun warga sempat panik dan melapor kepada petugas Damkar, kemudian ular bisa dievakuasi, setelah empat personil Damkar melakukan penyisiran lokasi ular di sekiatar rumah warga tersebut,” ujarnya.

Baca juga  11 Napi Kasus Narkoba Lapas Semarang Dipindah ke Nusakambangan pada Lapas Khusus Super Ketat

Supri menambahkan, pihaknya akhir-akhir ini banyak menerima laporan permintaan evakuasi hewan liar berbahaya seperti ular berbisa, serta permintaan lain seperti evakuasi sarang tawon, penyelamatan di dalam sumur dan pelepasan cincin.

“Untuk ular sebaiknya melapor ke petugas dengan cepat jangan ditunda, sebelum petugas datang bisa dibuntuti agar keberadaan ular bisa diketahui. Sedangkan untuk penanganan tawon, kita survei siang dan evakuasi pada malam hari. Evakuasi dengan APD lengkap,” ujarnya.

Selain itu, petugas Damkar juga bisa membantu dalam situasi darurat seperti memompa wilayah yang tergenang banjir, evakuasi korban kecelakaan lalulintas terjepit di kendaraan, ikut menangani kebocoran gas amonia.

Baca juga  7 Posisi Kepala Dinas Kosong, Pemkab Cilacap Segera Buka Seleksi

Berikut nomor pelayanan Damkar Cilacap, yakni nomor Satpol PP Cilacap (0282) 534093, Pos Damkar Cilacap (0282) 537413, Pos Damkar Kroya (0282) 5298888, Pos Damkar Sidareja  (0280) 5265333 dan Pos Damkar Majenang (0280) 621013.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini