Sabtu, 2 Juli 2022

Forkopimda Banyumas Tinjau Pengamanan Gereja

Purwokerto, Serayunews.com- Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama-sama melakukan pengecekan ke sejumlah gereja serta objek vital di Kabupaten Banyumas. Hal ini memastikan keamanan dan kenyamanan jemaat gereja bisa terus terjaga. Sehingga perayaan Natal bisa berjalan dengan baik, Selasa (24/12).


Rombongan Forkopimda yang terdiri dari Bupati Banyumas, Achmad Husein, Kapolresta Banyumas, AKBP Wisnu Charaka, Dandim 0701 Banyumas, Letkol Inf Chandra dan Ketua DPRD Banyumas, dr Budhi Setiawan melakukan pengecekan pertama kali di Pospam Stasiun Kereta Api Purwokerto, kemudian dilanjutkan dengan menuju ke Gereja Katedral, Gereja Juru Selamat, Gereja Kristen Jawa, Gereja Gatot Subroto, Gereja Utusan Pantekosta, GKI Martadireja, Gereja Santo Yosep, Gereja Bethel dan Pospam Alu-alun Purwokerto.

Baca juga  Jelang Muktamar Muhammadiyah ke-48, UMP Perkuat Moderasi Beragama

“Pengamanan gereja sejauh ini cukup aman. Gereha prioritas ada delapan, masing-masing kita tempatkan delapan personil dari Polri di tambah dari Brimob dan TNI. Kita cek terus bagaimana kesiapan anggota,” kata Kapolresta Banyumas, AKBP Wisnu Charaka di sela-sela kegiatan di Gereja Katedral.

Pengecekan diawali dengan melakukan sterilisasi gereja pada pagi hari, kemudian mengecek CCTV masing-masing gereja untuk memastikan peralatan keamanan berfungsi dengan baik.

“Kemarin kita juga sudah sempat mengumpulkan kepala gereja, pendeta dan romo. Kita kumpulkan di Polresta bersama dengan pak Dandim, tentunya untuk melakukan komunikasi sehingga jalannya natal bisa tetap berjalan dengan aman,” kata dia.

Baca juga  Banyumas Dilanda Bencana Terstruktur di 6 Wilayah Kecamatan

Masih di tempat yang sama, Bupati Banyumas, Achmad Husein melihat pengamanan gereja saat ini sudah tersiapkan dengan baik. Dimana pengamanan dengan anggota kepolisian yang selalu siap siaga, serta didukung peralatan pengamanan yang memadai.

“Kita juga sudah meminta gorong royong dari ormas-romas seperti Banser, Kokam, Pemuda Pancasila untuk melakukan pengamanan bersama-sama,” ujarnya.

Sedangkan menurut Dandim 0701 Banyumas, Letkol Inf Chandra mengungkapkan pihaknya telah menempatkan 95 personilnya untuk membantu pengamanan gereja. Selain itu dirinya juga telah menyiapkan pasukan tambahan.

“Kita siapkan 1 SSK, jika ada penojolan kita siap untuk diterjunkan. Kita semua libatkan untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungan ini,” kata dia.(san)

Berita Terkait

Berita Terkini