Sabtu, 8 Oktober 2022

Geger! Buaya Masuk Perkampungan di Donan Cilacap

Petugas Damkar dan warga saat pencarian buaya masuk perkampungan di perkampungan Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap, Rabu (13/7/2022). (UPT Damkar Cilacap).

Kemunculan seekor buaya di perkampungan Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap gegerkan warga setempat, Rabu (13/7). Soalnya, buaya muara yang masih anakan itu sempat bersembunyi di saluran air.


Cilacap Tengah, serayunews.com

Mulanya, kemunculan buaya muara itu masuk di perkampungan Jalan Kalidonan, Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah terdeteksi pada Selasa sore sekira pukul 17.00 WIB.

Dari informasi warga setempat, buaya muncul di saluran air. Namun sempat bersembunyi sehingga warga melakukan pencarian dengan menelusuri saluran air yang kemungkinan tempat lewat buaya tersebut.

“Pertama kali saya lihat, saya kira itu mainan. Setelah saya lempar kerikil, mulutnya buka, tak amati buaya. Terus saya pulang panggil istri, kemarin siang jam 13.30-an, terus malam keluar lagi,” ujar warga setempat.

Akan tetapi sebelum penangkapan, buaya tersebut kembali bersembunyi di saluran air. Khawatir mengganggu, pencarian pun hingga menjelang pagi.

Petugas Damkar serahkan buaya ke Kantor BKSDA Cilacap, Rabu (13/7/2022). (Dok BKSDA Cilacap)

Karena penasaran dan membuat resah, akhirnya warga melapor ke Pos Damkar Cilacap untuk membantu mencari dan mengevakuasi buaya tersebut.

Setelah petugas Damkar bersama relawan dan warga melakukan pencarian, akhirnya buaya tersebut berhasil ditemukan yang sebelumnya sudah ditangkap terlebih dahulu oleh salah satu warga setempat, namun warga lainnya tidak mengetahui. Kemudian warga menyerahkan anak buaya tersebut ke petugas Damkar.

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi mengatakan, pihaknya mengevakuasi buaya itu dan menyerahkannya ke BKSDA Cilacap.

“Yang ditangkap buaya muara masih anakan, panjang sekitar 34,4 sentimeter. Atas seizin warga dan lurah, buaya kita serahkan ke kantor BKSDA,” ujar Supriyadi.

Sementara itu, dugaannya anak buaya muara tersesat dan masuk saluran air hingga ke perkampungan setempat, karena lokasinya dekat dengan perairan segara anakan Cilacap.

Berita Terpopuler

Berita Terkini