Jumat, 24 September 2021

Gubernur Siapkan BLK Klampok Sebagai Tempat Isolasi dan RS Darurat Pasien Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat diwawancarai terkait persiapan BLK Klampok Banjarnegara sebagai tempat isolasi pasien covid-19. (Maula Asadillah)

Lonjakan angka pasien Covid 19 terus meningkat. Untuk itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada di Klampok, Banjarnegara sebagai tempat karantina maupun isolasi pasien. Bahkan jika nantinya diperlukan, lokasi tersebut bisa menjadi rumah sakit darurat khusus Covid-19.


Banjarnegara, serayunews.com

Langkah tersebut dipersiapkan sebagai tindakan antisipasi jika nantinya ada peningkatan penyebaran virus Covid-19 di Banjarnegara dan sekitarnya. Hal ini dilakukan menyusul adanya peningkatan jumlah kasus pasien Covid 19.

“Kita harus akui adanya peningkatan kasus. Untuk itu jika rumah sakit tidak lagi mampu menampung, maka kmai siapkan BLK Klampok sebagai tempat isolasi terpusat. Bahkan jika diperlukan BKL kita tingkatkan menjadi ru,mah sakit darurat,” kata Gubenrnur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melakukan kunjungan ke Banjarnegara, Kamis (8/7/2021).

Menururtnya, langkah ini ditempuh karena keinginan pemerintah setempat mendapatkan lokasi bagi pasien Covid-19 untuk melakukan isolasi terpusat. Lokasi BLK milik provinsi ini rencananya dijadikan sebagai tempat bagi pasien-pasca isolasi.

“Kita akan lihat sekarang, ini hanya untuk persiapan jika terjadi lonjakan kasus, untuk itu saya meminta pada semua pihak untuk bersama-sama memutus rantai persebaran Covid- 19 dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Selain itu, nantinya harus ada kesiapan dan antisipasi jika nantinya terjadi peningkatan kasus yang tinggi. Sehingga, diperlukan tempat khusus sebagai lokasi isolasi terpusat. BKL milik pemerintah provinsi yang ada di Klampok Banjarnegara ini bisa dijadikan sebagai tempat isolasi terpusat.

“Makanya saya mengajak pada semua rumah sakit di daerah untuk tambahi tempat tidur, siapkan tenaga kesehatan, pelayanan, dan lainnya. Soal alkes nanti kita siaokan bareng-bareng, kita ini bisa dilakukan, saya yakin bisa selesai,” ujarnya.

Baca juga Tak Hanya Dibubarkan, Warga yang Gelar Hajatan di Kesugihan Cilacap Diperiksa Polisi

Berita Terkait

Berita Terkini