IKN Bakal Resmi Beroperasi 17 Agustus 2024

IKN Bakal Resmi Beroperasi 17 Agustus 2024

Bagikan:
Ilustrasi IKN akan segera beroperasi pada 17 Agustus 2024. (Pixabay.com)

SERAYUNEWS – IKN akan segera beroperasi perdana pada 17 Agustus 2024 mendatang. Hal ini bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI di Nusantara, Kalimantan Timur.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah mengumumkan kabar tersebut.

“IKN beroperasi untuk pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2024, IKN harus diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan pada gelaran besar nasional yang sangat signifikan,” ungkap Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim dikutip dari Antara, Kamis (22/2/2024).

“Pada 17 Agustus merupakan hari yang sangat bersejarah untuk kita semua jadi hari tersebut cocok untuk dijadikan sebagai simbol hari pertamanya IKN,” sambungnya.

Segala persiapan HUT Kemerdekaan RI di IKN tentunya menjadi salah satu fokus OIKN. Pihak OIKN akan memastikan ketersediaan akomodasi dan mobilitas bagi para tamu undangan maupun masyarakat yang hadir.

Biasanya, acara HUT Kemerdekaan RI dihadiri oleh masyarakat. Tahun ini, Upacara HUT Kemerdekaan RI perdana berlangsung di Nusantara, Kalimantan Timur.

“Pastinya yang sangat krusial adalah ketersediaan akomodasi dan mobilitas untuk tamu-tamu yang datang menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN,” sambungnya.

Perpindahan Ibu Kota Negara

Perlu diketahui bahwa perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah membeberkan terkait rencana merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN.

Pada periode 2022-2024 merupakan pemindahan tahap awal ke IKN Nusantara, yakni pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR, dan perumahan, juga meliputi pemindahan ASN tahap awal.

***


© 2016 Serayu News