Minggu, 5 Februari 2023

Jembatan Archawinangun di Purwokerto Masih Ditutup, Pemkab Segera Pasang Bronjong untuk Pengaman

Jembatan Arcawinangun Purwokerto timur
Pemkab Banyumas masih melakukan penutupan jembatan Sungai Pelus, Kelurahan Archawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Senin (23/1/2023). (Shandi Yanuar/Serayunews)

Setelah mengalami amblas gogosan akibat tergerus arus Sungai Pelus, Sabtu (21/1/2023) malam lalu, jalur menuju Purwokerto tersebut langsung ditutup total. Beberapa kendaraan, masih terlihat memutar balik mencari jalur alternatif, Senin (23/1/2023).


Purwokerto, serayunews.com

Dari pantauan serayunews.com, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Purwokerto Timur dan Kecamatan Kembaran tersebut, masih ditutup total.

Petugas gabungan juga masih berjaga di sekitar jembatan, untuk memastikan tidak ada pengendara yang nekat melintasi jembatan tersebut.

“Iya, tadi disuruh putar balik,” ujar Ilham (27), warga Purbalingga yang hendak melintasi jembatan tersebut.

Baca juga: Kecelakaan! Sopir Diduga Mengantuk Mini Bus Terbalik di Arcawinangun

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho menjelaskan, hingga saat ini petugas yang ada masih melakukan pemantauan di lokasi.

“Tadi malam tidak terjadi longsor susulan, untuk kegiatan penanganan malam tadi juga tidak ada,” kata dia.

Tapi kata dia, hari ini petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sudah melakukan pengukuran diameter jembatan dan badan longsoran untuk penanganan sementara.

“Pengukuran diameter jembatan dan badan longsoran, untuk pemasangan bronjong. Petugas akan berjaga di sana, sepanjang dibutuhkan untuk penutupan jembatan,” ujarnya.(san)

Berita Terpopuler

Berita Terkini