Selasa, 27 September 2022

Kain Merah Putih Setinggi 45 Meter, Dikibarkan di Menara Teratai Purwokerto

Pengibaran kain merah putih di menara teratai Purwokerto, Rabu (17/8/2022). (Shandi Yanuar)

Kain merah putih sepanjang 45 meter, dikibarkan di Menara Teratai Purwokerto, Rabu (17/8/2022). Penaikan kain tersebut oleh sejumlah atlet Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Banyumas dengan cara mengatrol.


Purwokerto, serayunews.com

Pengurus FPTI Banyumas, Darma Wahyu menjelaskan, ada lembar enam kain panjang yang terdiri dari tiga berwarna putih dan tiga berwarna merah. Kain sewarna bendera Merah Putih itu, akan terpasang menutupi Menara Teratai Purwokerto.

“Kita bawa ke atas menggunakan sistem katrol, ada penarik dari bawah, kemudian kita amankan dari kanan kiri bendera agar tidak terkena angin. Berat per kain itu 10 kg total 60 sampai 70 kg, ” ujar dia.

Atlet yang terlibat yakni sekitar 50 orang, dengan 10-15 orang yang terlibat pengerekan bendera.

“Konsepnya seperti tarik tambang, tapi ini semua ditarik untuk menaikkan kain. Nanti malam ada penurunan kain merah putih, rapling dari teman-teman mapala, ” Katanya.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengajak masyarakat menyanyikan lagu Indonesia Raya sampai bendera naik seutuhnya ke Menara Teratai Purwokerto.

“Mari menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan hikmah, ” Ujarnya.

Namun, setelah beberapa menit pengibaran, kain tersebut kembali diturunkan karena ada satu kain putih pengaitnya terlepas.

Berita Terpopuler

Berita Terkini