Sabtu, 18 September 2021

Kasus Menurun, PMI Banjarnegara Terus Lawan Covid-19 dengan Gandeng Posyandu

PMI Banjarnegara. (Maula)

Meski kasus Covid-19 terus menurun, bukan berarti penerapan protokol kesehatan diabaikan. Sebagai tindakan antisipasi pencegahan, tim relawan PMI Banjarnegara menjalin kerjasama dengan penyuluh KB hingga kader Posyandu.


Banjarnegara, Serayunews.com

Keterlibatan kader Posyandu dan penyuluh KB yang ada di tingkat desa ini sebagai upaya percepatan dan penanganan respons penanggulangan Covid-19. Keterlibatan Posyandu ini dinilai efektif karena mereka tersebar hingga tingkat RT.

Komandan relawan PMI Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum Adhe Benny Araneta mengatakan, dengan penggandeng kader Posyandu ini sengaja dilakukan dalam rangka optimalisasi serta peran serta masyarkaat secara langsung.

Keterlibatan semua komponen dan tokoh masyarakat dari berbagai unsur sangatlah penting. Sehingga upaya percepatan pemahaman serta penguatan masyarakat terhadap respons penanganan Covid-19 lebih efektif.

“Kami terus berusaha masuk pada semua lapisan masyarakat, tentunya dengan melakukan sinergitas bersama pihak terkait, mulai dari Puskesmas, Bidan Desa, PKK, dan tokoh masyarakat. Sosialisasi ini merupakan bagian dari ikhtiar percepatan penanganan Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, dukungan pemerintah desa sebagai naungan di tingkat bawah sangatlah mutlak diperlukan. Sehingga, program yang sedang berjalan ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan dampak yang signifikan dalam berbagai sisi.

Sementara itu Kepala Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum Suwarno berharap, berbagai kegiatan dan inovasi ini dapat berjalan dengan baik dan berdampak besar bagi masyarakat.

“Ini memang tidak mudah, namun dengan semangat, kerja keras, kerja sama dan pengetahuan yang telah dimiliki oleh Tim Sibat semua akan terasa mudah, tentunya dengan melibatkan berbagai pihak,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini