Selasa, 28 September 2021

Kejar Target 1,5 Juta Orang, Serbuan Vaksinasi Dosis Dua Gencar Digelar di Cilacap

Ribuan warga ikuti vaksinasi dosis kedua di PT S2P PLTU Cilacap. (Ulul)

Kejar target 1,5 juta orang, Pemkab Cilacap dan Jajaran Forkopimda gencar galakkan serbuan vaksinasi dosis kedua bagi pekerja dan masyarakat umum di Cilacap. Kali ini serbuan vaksini digelar di tiga titik dan menyasar ribuan peserta.


Cilacap, serayunews.com

Vaksinasi dosis kedua bagi pekerja perusahaan, proyek, securty dan masyarakat umum didigelar di tiga titik, yakni area PT Sumber Segara Primadaya (S2P) PLTU Karangkandri Cilacap, Gedung Patra Graha dan Gor Patra Ria RU IV Cilacap, Senin (23/08/2021) menyasar sekitar 6.674 orang.

Vaksinsi dosis dua ini berlangsung selama dua hari mulai Senin (23/08) dan Rabu (25/08), di tiga lokasi yang sama tersebut, dengan jadwal vaksin telah ditetukan agar tidak terjadi penumpukan atau kerumunan peserta.

Peserta vaksinasi yang mendapat undangan vaksin adalah mereka yang sebelumnya mengikuti penyuntikan dosis pertama di tiga titik lokasi tersebut. Sehingga dalam pelaksanaannya sesuai dengan jumlah vaksin pertama dan tidak menerima pendaftaran peserta baru di tempat vaksinasi.

Vaksinasi dosis kedua ini melibatkan Tim Vaksinator dari berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kesugihan 1, RS Afdila,  Polres Cilacap, TNI Rumkitbant Cilacap, Lanal Cilacap dan Tenaga Kesehatan RSPC.

Adapun vaksinasi dosis kedua disiapkan sebanyak 640 Vial, dengan sasaran di PT. Sumber Segara Primadaya (S2P) sebanyak 2.449 orang dan Komplek Gedung Patra Graha Pertamina Cilacap sebanyak 4.225 orang dengan total sebanyak 6.674 orang.

“Vaksinasi dosis kedua ini sangat penting dan harus dilakukan sesuai waktu atau jadwal yang di tentukan sehingga hasilnya bisa lebih optimal. Kalau hanya melaksanakan vaksin dosis pertama saja maka tubuhnya belum mampu membentuk antibody sehingga perlu dilanjutkan dengan dosis kedua agar antibodinya terbentuk dan tercipta imunitas tubuh yang pada akhirnya mampu mencegah dari paparan Covid 19 dan secara umum mampu membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok,” ujar Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi dalam keterangannya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Cilacap hingga kini jumlah vaksin yang telah didistribusikan hingga Minggu ke 29 mencapai 379.570 dosis, dengan rincian 218.906 dosis pertama dan 135.476 dosis kedua. Capaian sementara itu untuk memenuhi target sebanyak 1,5 juta vaksin di Cilacap hingga akhir tahun 2021 ini.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini