Senin, 23 Mei 2022

Keren! SMPN 1 Banjarnegara, Gelar Fashion Show Batik di Halaman Sekolah

Siswa SMPN 1 Banjarnegara sengaja melakukan fashion show batik di halaman sekolah. foto: maula

Ada yang berbeda pada Minggu (15/5/2022) pagi di SMPN 1 Banjarnegara atau lebih dikenal dengan Andipa. Para siswa mengikuti fashion show batik di halaman sekolah. Gelaran ini merupakan bagian dari peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap 2 Mei.


Banjarnegara, Serayunews.com

Bak model profesional, para siswa dari SMPN 1 Banjarnegara ini berjalan di atas catwalk dengan memamerkan aneka baju batik. Pemilihan batik ini, tidak lepas dari upaya menanamkan jiwa nasionalisme bagi para siswa.

Baca juga  Tim Disperindag Purbalingga Pantau Barang Kemasan di Toko Modern, Ini Hasilnya

“Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia, sehingga penggunaan batik hingga gelaran fashion show ini merupakan bagian dan bentuk dukungan sekaligus menanamkan jiwa nasionalisme pada anak didik,” kata wakil kepala SMPN 1 Banjarnegara, Teguh Riyanto.

Menurutnya, fashion show ini diselenggarakan oleh para pengurus Osis dan diikuti oleh perwakilan kelas. Fashion show batik nasional ini juga bagian dari upaya mendukung Hardiknas 2022 yang mengusung tema Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar.

“Ada kreativitas siswa di sini, sehingga kegiatan ini juga tidak hanya mengenalkan jiwa nasionalisme tetapi juga mendukung kegiatan merdeka belajar,” katanya.

Baca juga  Kapolda Jateng Sambangi Sampang, Beri Tugas Khusus ke Polres Cilacap terkait Arus Mudik Jalur Selatan

Kepala SMPN 1 Banjarnegara, M Masduki Rahmat mengatakan, melalui kegiatan ini, para siswa bisa belajar banyak hal mulai dari kreatifitas, mental, serta mengenal aneka batik nusantara, sehingga harapan pendidikan berkualitas dapat tercapai.

“Jelas kami ingin kegiatan ini tidak hanya seremoni, tetapi ada nilai lebih seperti menumbuhkan nilai dan makna hari pendidikan serta jiwa nasionalisme, hingga mengajak dan merangsang generasi muda untuk lebih kreatif dan selalu berinovasi untuk menjadi lebih baik,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini